Pacu Terus Penataan Destinasi Danau Toba

Pacu Terus Penataan Destinasi Danau Toba
Danau Toba. Foto: Metro Siantar/dok.JPNN.com

jpnn.com - TOBA – Langkah penataan dan pembangunan Danau Toba makin progresif dan terus dipacu.

Usai kunker Menpar Arief Yahya ke Hangzhou, 10-13 Oktober 2016, upaya mewujudkan 10 Bali Baru di sana makin terlihat nyata.

Inspirasi dari danau XiHu atau West Lake itu sangat bermakna, karena bisa melihat secara lagsung bagaimana danau itu dikelola dengan baik dan ditata rapi.

Jutaan manusia setiap bulan berwisata di danau yang hanya 1 jam dari Shanghai itu.

Yang terbaru, ada sejumlah penataan yang mulai digarap di Pantai Bebas (Parapat), Pelabuhan Ajibata, dan Tomok (Samosir).

“Ini tidak boleh mandek. Semua harus ngebut. Semua pihak sudah merapatkan barisan untuk mewujudkan Danau Toba sebagai destinasi wisata kelas dunia. Semua jalan sesuai dengan rencana,” ujar Ketua Pokja Percepatan 10 Top Destinasi Kementerian Pariwisata, Hiramsyah Syambudhi Thaib di Jakarta.

Hiramsyah yang pengalaman membangun kawasan dan pernah memimpin Asosiasi Kawasan Pariwisata Indonesia itu juga ikut bersama Gubernur dan para bupati di kawasan sekitar Danau Toba,  melihat Hangzhou.

“Potensi Danau Toba jauh lebih kuat, jauh lebih hebat, jika kita semua punya semangat yang sama untuk maju dan menjadikan kawasan Danau Toba sebagai destinasi kelas dunia. Danau vulkanik terbesar di dunia, danau terdalam di dunia, danau geopark yang akan kita usulkan di UNESCO, punya pulau seluas Singapore! Semua adalah potensi yang bisa mensejahterakan masyarakat Sumatera Utara dari Pariwisata,” katanya.

TOBA – Langkah penataan dan pembangunan Danau Toba makin progresif dan terus dipacu. Usai kunker Menpar Arief Yahya ke Hangzhou, 10-13 Oktober

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News