Padamkan Hotspot, BNPB Siapkan Hujan Buatan

Padamkan Hotspot, BNPB Siapkan Hujan Buatan
Padamkan Hotspot, BNPB Siapkan Hujan Buatan
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyiapkan dana Rp 25 miliar  untuk membuat hujan buatan, guna memadamkan kebakaran lahan dan hutan di Sumatera dan Kalimantan. Langkah ini sebagai jawaban atas keprihatinan Pemerintah Singapura terhadap kabut asap dan menurunnya mutu udara akibat kebakaran lahan dan hutan di Riau.

Nantinya, BNPB menjadi koordinator dan BPPT sebagai pelaksana  hujan buatan tersebut. "Waktu pelaksanaan tergantung dengan kebutuhan di lapangan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Kamis (20/6).



Menurut Sutopo, pantauan hotspot per tanggal 18 Juni 2013 berdasarkan data satelit NOAA18 di Kementerian Kehutanan menunjukkan bahwa jumlah hotspot tersebar di sejumlah provinsi di Sumatera. Di Riau ada 148 titik, Jambi 26 titik, Kalbar 22 titik, Sumsel 6 titik, dan Sumbar 5 titik.

Hotspot juga terjadi di negara lain seperti Malaysia, Thailand, Laos, Vietnam, Kamboja dan Myanmar. Namun jumlah hotspot tersebut belum dikategorikan besar jika dibandingkan puncak kemarau yang seringkali mencapai ribuan titik.



JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyiapkan dana Rp 25 miliar  untuk membuat hujan buatan, guna memadamkan kebakaran lahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News