Pahlawan-Legenda Amerika Tutup Usia

Obama Pimpin Warga Heningkan Cipta bagi Neil Armstrong

Pahlawan-Legenda Amerika Tutup Usia
Jejak dari astronot Apollo di bulan. Foto: DADP
WASHINGTON - Seluruh negeri Amerika berduka cita. Neil Armstrong, astronot dan manusia pertama yang pernah menginjakkan kaki di bulan, meninggal dunia dalam usia 82 tahun pada Sabtu lalu (25/8) waktu AS atau kemarin WIB (26/8). Pria yang dijuluki sebagai pahlawan sekaligus legenda luar angkasa (space legend) AS itu menutup mata di Cincinnati, Negara Bagian Ohio.

Armstrong meninggal dunia akibat komplikasi penyakit jantung koroner yang dideritanya. Pemilik nama lengkap Neil Alden Armstrong itu baru menjalani operasi jantung bulan ini.  "Kami dari pihak keluarga dengan duka yang mendalam mengabarkan bahwa Neil Armstrong telah meninggalkan kita semua akibat komplikasi penyakit jantung," ungkap pernyataan keluarga kemarin.    

"Meski sangat sedih karena kehilangan pria yang sangat baik ini, kami juga mengenang kehidupannya yang luar biasa dan berharap bisa menjadi panutan orang-orang muda di seluruh dunia untuk bekerja keras mewujudkan mimpi mereka," tambah pernyataan itu.

NASA (badan aeronautika dan luar angkasa AS) telah mengonfirmasikan kabar kematian Armstrong itu. "Selama masih ada buku sejarah, Neil Armstrong akan selalu ada di dalamnya," tutur Charles Bolden, administrator NASA. "Saat memasuki era eksplorasi angkasa luar berikutnya, kita telah meletakkannya di pundak Neil Armstrong. Kini kita berduka cita atas kepergian teman, sejawat astronot, dan pahlawan sejati Amerika," paparnya.

WASHINGTON - Seluruh negeri Amerika berduka cita. Neil Armstrong, astronot dan manusia pertama yang pernah menginjakkan kaki di bulan, meninggal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News