Pak Ganjar Gagalkan Rencana Ratusan Petani Tembakau Berdemo di Istana Negara

Pak Ganjar Gagalkan Rencana Ratusan Petani Tembakau Berdemo di Istana Negara
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menemui para petani tembakau. Foto: Instagram

jpnn.com, TEMANGGUNG - Ratusan petani tembakau Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah berencana berangkat ke Jakarta untuk melakukan aksi demonstrasi di Istana Negara pada Kamis (27/8).

Mereka menuntut pemerintah segera memberlakukan peraturan pembatasan importasi tembakau dan meningkatkan pembelian tembakau nasional.

Selain itu, mereka menuntut pemerintah tidak menaikkan cukai rokok, karena sangat berdampak pada nasib petani tembakau.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang mendengar rencana itu, langsung meluncur ke Temanggung, Selasa (25/8).

Sambil memeriksa sejumlah pabrik rokok besar di lokasi itu dan memastikan tembakau petani terbeli, kedatangan Ganjar juga bermaksud meredam suasana para petani tembakau Temanggung agar tidak demo.

Saat pertemuan yang dilakukan di salah gudang tembakau di Temanggung, Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI), Agus Parmuji menyampaikan kepada Ganjar bahwa para petani tembakau Temanggung siap berangkat ke Jakarta untuk menggelar aksi demonstrasi.

Rencananya, rombongan berkekuatan 1200 orang akan berangkat hari Rabu besok dan menggelar aksi pada Kamis lusa di Istana Negara.

"Memang sudah direncanakan sejak seminggu yang lalu, kami akan berangkat ke Jakarta untuk menggelar aksi demonstrasi. Tuntutan kami agar pemerintah melindungi petani dengan regulasi yang memihak petani nasional," kata Agus.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menemui para petani tembakau yang akan demo di depan Istana Negara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News