Pak Ganjar Ogah Kompromi soal Pungli, Kepala SMKN Peminta Duit Langsung Dicopot

Pak Ganjar Ogah Kompromi soal Pungli, Kepala SMKN Peminta Duit Langsung Dicopot
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

jpnn.com, SUKOHARJO - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengambil tindakan tegas terhadap kepala SMKN 1 Sale di Rembang yang melakukan pungutan liar alias pungli.

Menurut Ganjar, oknum kepsek itu dicopot dari jabatannya setelah terbukti memungli siswa SMKN 1 Sale dengan dalih infak pembangunan musala.

"Dia dibebastugaskan,” kata Ganjar di sela kunjungannya di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (11/7/2023) malam.

Gubernur ke-15 Jateng itu juga memerintahkan uang hasil pungli yang terkumpul segera dikembalikan.  Selanjutnya, Dinas Pendidikan Jawa Tengah menunjuk pelaksana harian (Plh) kepala SMKN 1 Sale.

“Kami ambil tindakan tegas, tarik dulu, pindah dulu. Jadi, kami langsung (tunjuk) Plh,” tuturnya.

Ganjar menambahkan tindakan tegas terhadap kepala SMKN 1 Sale itu merupakan langkah agar ke depan hal serupa serupa tidak terjadi lagi, termasuk di sekolah lain.

Gubernur yang kini menjadi bakal capres untuk Pilpres 2024 itu menilai peran aktif masyarakat melaporkan pungli akan sangat membantu upaya untuk memberantas praktik lancung tersebut.

“Agar menjadi perhatian bagi semuanya untuk tidak main-main, hal-hal aduan selalu datang, maka model-model semacam ini ya kita butuh bantuan masyarakat. LaporGub (aplikasi Laporan Pengaduan Online Provinsi Jawa Tengah, red) sudah cukup," ujarnya.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengambil tindakan tegas terhadap kepala SMKN 1 Sale di Rembang yang melakukan pungutan liar alias pungli.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News