Pak JK Bilang Israel Ikut Piala Dunia U-20 Justru Momen Bagus

Pak JK Bilang Israel Ikut Piala Dunia U-20 Justru Momen Bagus
Jusuf Kalla berkomentar soal polemik Timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. Ilustrasi Foto: Arsip JPNN.Com/Aristo Setiawan

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla memiliki pandangan tersendiri soal polemik Israel yang lolos Piala Dunia U-20 2023.

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) itu berpendapat dengan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, Indonesia justru punya momen bagus untuk berperan aktif memperjuangkan hak Palestina.

Dengan menerima Israel, lanjut pria yang karib disapa Pak JK itu, maka pintu dialog menjadi terbuka.

Dengan begitu, ada kemungkinan mencari jalan tengah untuk bisa mendapatkan hak Palestina.

"Jadi, kalau Indonesia menerima kehadiran Israel di Piala Dunia U-20, itu justru menunjukkan peran aktif Indonesia dalam memperjuangkan hak-hak bangsa Palestina, melalui jalur dialog untuk perdamaian kedua pihak," kata JK, dalam keterangannya, Selasa (28/3).

Dengan adanya Piala Dunia, JK menilai momen membangun komunikasi dengan Israel bisa dilakukan dan upaya membangun perdamaian di Timur Tengah, bisa tercapai.

JK mengakui, sikap bangsa Indonesia jelas karena menolak penjajahan dan siap ikut serta memperjuangkan kepentingan Palestina.

Untuk membawa permasalahan ini ke meja perundingan, lanjut JK, perlu memahami kedua bilah pihak secara mendalam.

Pandangan PakJK soal kehadiran Timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023 Indonesia, berbeda dengan narasi politik banyak orang, apa itu?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News