Pak Jokowi Bakal Panen Jagung di Areal Perhutanan Sosial

Pak Jokowi Bakal Panen Jagung di Areal Perhutanan Sosial
Ilustrasi. Foto: KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo akan melakukan panen raya jagung di areal Perhutanan Sosial di Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Di sana, Pak Jokowi akan memberikan Surat Keputusan Perhutanan Sosial kepada masyarakat untuk pemerataan ekonomi.

Menurut rencana pada Jumat (9/3, Presiden Jokowi akan berada langsung di tengah kelompok tani hutan dan masyarakat beberapa Kabupaten Provinsi Jawa Timur, yang dikonsentrasikan di Tuban.

Pemberian hak akses kelola ini merupakan putaran kedua dari rangkaian safari Perhutanan Sosial Presiden Joko Widodo. Pada putaran pertama di bulan November 2017 lalu, Presiden RI telah menyerahkan izin pemanfaatan hutan melalui surat keputusan (SK) Izin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial (IPHPS) serta SK Pengakuan dan Perlindungan Kemitraan Kehutanan (Kulin KK) seluas 10.162 ha bagi 5.915 KK untuk wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Saat itu, Joko Widodo menyatakan bahwa pemberian izin pemanfaatan hutan Perhutanan Sosial ini akan terus dilakukan sampai 2019, untuk memberikan status hukum yang jelas bagi masyarakat terhadap lahan.

Dengan adanya SK ini, masyarakat dapat menggarap lahan tersebut selama 35 tahun dan akan dilakukan monitoring secara berkala.

“Seluruh Indonesia sampai 2019, kita akan menyerahkan seluas 4,3 juta ha. Ini akan terus kita lakukan. Kita semua harus kerja keras agar bermanfaat untuk kesejahteraan rakyat,” ucap Jokowi.

Terkait rencana pemberian hak akses kelola oleh Presiden Joko Widodo kepada kelompok tani hutan dari Blitar, Malang dan Bojonegoro, Wakil Bupati Tuban, Nurnahar menyatakan Kabupaten Tuban sangat mendukung penuh acara ini. “Kami akan menjadi tuan rumah yang baik bagi sekitar ±4.000 petani yang akan hadir di Tuban,” ucapnya, Rabu (6/38).

Nurnahar menyampaikan bahwa potensi Perhutanan Sosial di Tuban sangat besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, di mana ada empat Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Perum Perhutani di Tuban yang areal kerjanya bisa dikelola bersama masyarakat dengan pola tumpang sari salah satunya dengan tanaman jagung.

Pak Jokowi akan berada langsung di tengah kelompok tani hutan dan masyarakat beberapa Kabupaten Provinsi Jawa Timur, yang dikonsentrasikan di Tuban.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News