Pak Jokowi, Kabupaten Ini Butuh Pembangunan Infrastruktur

Pak Jokowi, Kabupaten Ini Butuh Pembangunan Infrastruktur
Proyek pembangunan jalan Trans Papua. Ilustrasi Foto: Cepos

jpnn.com, JAKARTA - Kabupaten Mappi yang merupakan daerah pemekaran dari Kabupaten Merauke pada 2002 tengah membutuhkan perhatian pemerintah pusat.

Pasalnya, daerah ini dikategorikan tertinggal disaat pemerintahan Presiden Joko Widodo sedang gencar-gencarnya membangun infrastruktur di Papua.

Karenanya Bupati Mappi Kristosimus Agawemu meminta pemerintah pusat ikut membangun daerah yang 90 persen wilayahnya terdiri dari perairan, sehingga bisa maju seperti kabupaten lain di Tanah Air.

Apalagi Mappi punya potensi besar di sektor perikanan, perkebunan dan pertanian.

“Kabupaten Mappi sangat minim infrastruktur dasar. Mulai gedung kantor, infrastruktur jalan, sarana pendidikan, kesehatan, pengembangan ekonomi masyarakat, hingga transportasi," ungkap Kristosimus dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (7/3).

Di sisi lain, APBD Mappi yang hanya Rp1,2 triliun dinilai tidak memadai untuk melakukan pembangunan secara masif. Sebab, secara geografis daerah tersebut terdiri dari perairan sungai. Karena itu perlu dukungan pemerintah pusat agar Mappi bisa berkembang.

Dikatakan Kristosimus,infrastruktur mendesak yang dibutuhkan Mappi saat ini berkaitan dengan konektivitas wilayah, baik pelabuhan, bandar udara, maupun angkutan sungai yang menghubungkan antardistrik maupun dengan kabupaten tetangga.

Kemudian yang berkaitan dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat, sarana prasarana pendidikan dan kesehatan beserta sumber daya manusianya.

Kabupaten Mappi yang menjadi daerah pemekaran dari Kabupaten Merauke pada 2002 tengah membutuhkan perhatian pemerintah pusat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News