Sabtu, 23 Maret 2019 – 09:25 WIB

Pak Jokowi Minta Kapasitas Terminal Bandara Depati Amir Ditingkatkan Lagi

Sabtu, 16 Maret 2019 – 10:15 WIB
Pak Jokowi Minta Kapasitas Terminal Bandara Depati Amir Ditingkatkan Lagi - JPNN.COM

jpnn.com, PANGKAL PINANG - Terminal Baru Bandara Depati Amir di Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel) telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada, Kamis (14/3) lalu.

Dengan pertumbuhan jumlah penumpang yang terus meningkat, Jokowi minta pengembangan terminal penumpang bandara segera dilakukan.

“Bandara Depati Amir sudah sangat representatif. Kapasitasnya (sekarang) 1,5 juta tapi penumpangnya sudah lebih dari 2 juta (penumpang per tahun) sehingga ini haru dibangun lagi di sayap bagian kanan sana, dibangun untuk kapasitas 3 juta (penumpang per tahun). Kami harapkan Inshaa Allah nanti 2020 selesai,” ujar Jokowi.

“Tapi saya tadi sudah perintahkan juga untuk bangun yang sayap kiri dengan kapasitas hingga 5 juta penumpang. Karena kita harus mendahului pertumbuhan penumpang yang tumbuh sangat baik di Babel ini,” tambahnya.

Pembangunan terminal baru Bandara Depati Amir ini telah selesai pada Januari 2017 lalu dan telah dilakukan soft launching.

Setahun setelah beroperasi, menurut data dari Angkasa Pura II selaku operator bandara, jumlah penumpang sudah mengalami over capacity sehingga perlu dikembangkan lagi.

Tercatat, penumpang pada 2018 sebanyak 2 juta lebih penumpang, sementara kapasitas terminal hanya 1,5 juta penupang pertahunnya.

Presiden berharap pengembangan bandara ini nantinya akan menggenjot investasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang di Bangka Belitung.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar