Pak Jokowi Minta Lagu Sintren, Malah Disuguhi Tarling

Pak Jokowi Minta Lagu Sintren, Malah Disuguhi Tarling
Presiden Joko Widodo. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, TEGAL - Dua warga Kabupaten Brebes di Jawa Tengah, Hayatun Nufus dan Fatimah bertingkah kocak di depan Presiden Joko Widodo. Demi sepeda, Fatimah berani menawar ke presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi itu untuk menyanyikan lagu tarling alias gitar suling khas Cirebon.

Peristiwa lucu itu terjadi di saat Presiden Jokowi menyerahkan sertifikat untuk‎ rakyat di Lapangan Dukuh Salam, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal, Senin (15/1) sore. Mulanya, Jokowi memancing warga yang hadir untuk berani naik ke pangung.

"Saya minta yang hafal Pancasila tunjuk jari maju. ‎Ada yang bisa nembang Turun Sintren, Jahe Laos, Unyi-unyi? Ayo maju," kata Jokowi. Sintren merupakan kesenian rakyat yang populer di wilayah pantai utara Jawa Tengah.

Dua orang warga, yakni Hayatun Nufus dan Fatimah menjadi penerima sertifikat yang beruntung ditunjuk Jokowi untuk maju ke panggung. Jokowi meminta Hayatun mengucapkan lima sila Pancasila.

Hayatun pun mengucapkannya dengan lancar. Sedangkan Fatimah mendapat jatah menyanyikan lagi seperti permintaan Jokowi.

Alih-alih menyanyikan ‎tembang berjudul Jahe Loas seperti permintaan Jokowi, perempuan paruh baya itu justru mendendangkan lagu tarling Cirebonan berjudul Nyusubi Weteng.

"Coba ya, nembange (nyayinya, red) Cirebonan," ujar Fatimah dengan logat Tegal yang langsung membuat undangan tertawa.‎

Jokowi menimpali permintaan Fatimah. “Cirebonan? Kan di Kabupaten Tegal," kata Jokowi heran.

Dua warga Kabupaten Brebes di Jawa Tengah, Hayatun Nufus dan Fatimah bertingkah kocak di depan Presiden Joko Widodo demi mendapatkan sepeda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News