Pak Jokowi Punya Perintah Baru: Bagikan Masker kepada Warga Tak Mampu

Pak Jokowi Punya Perintah Baru: Bagikan Masker kepada Warga Tak Mampu
Presiden Joko Widodo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para kepala daerah tidak hanya memerintahkan kepada rakyatnya memakai masker pada masa pandemi Covid-19.

Mantan gubernur DKI itu juga mengharapkan kepala daerah memfasilitasi warga dalam memperoleh masker.

Jokowi menyampaikan hal itu saat membuka Munas VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), Kamis (11/2). Acara yang mengusung tema Penguatan Kapasitas Pemerintah Daerah Dalam Penanganan dan Pascapandemi Covid-19  tersebut digelar secara terbatas dan virtual di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Awalnya, Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah kota di seluruh Indonesia yang telah bersama-sama bergerak untuk menangani pandemi Covid-19 beserta dampaknya. Namun, Presiden Ketujuh RI itu menegaskan bahwa tugas tersebut belumlah usai.

"Saya ingin tegaskan bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir. Kita tetap harus bekerja keras. Kita juga harus makin detail untuk menemukan cara-cara baru dalam mengatasi permasalahan dan bahkan memanfaatkan kondisi krisis ini untuk meraih kemajuan yang signifikan," ujarnya.

Lebih lanjut Jokowi memberikan empat arahan prioritas kepada Apeksi. Keempat arahan utama itu ialah pengendalian laju penyebaran virus, percepatan vaksinasi, memperbanyak program padat karya, dan pemberian bantuan sosial bagi masyarakat lapisan bawah terdampak pandemi.

Menurut Jokowi, empat hal tersebut merupakan hal mendesak yang harus dilakukan dan dikerjakan bersama-sama antara pemerintah pusat dan daerah.

Mantan wali kota Solo itu mengharapkan pemda termasuk pemerintah kota terus mengupayakan perbaikan ekosistem perekonomian daerah, menyederhanakan perizinan dan birokrasi, memberi kepastian hukum di daerah, hingga mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas.

"Saya yakin dengan kerja keras kita bersama kita akan segera keluar dari krisis kesehatan maupun ekonomi dan mampu mencapai kemajuan di berbagai bidang demi Indonesia maju yang kita cita-citakan," tandasnya.

Jokowi juga mengharapkan pemerintah daerah benar-benar serius mengatasi situasi pandemi saat ini. Pertama ialah dengan memprioritaskan pengendalian laju penyebaran virus.

"Saya kira berulang-ulang saya sampaikan, disiplin 3M (menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, red) harus tetap digaungkan kepada masyarakat," ucapnya.

Selain itu, Jokowi juga sudah memerintahkan Panglima TNI dan Polri membantu pemda dalam mengatasi pandemi. "Agar pemda dibantu oleh aparat TNI dan Polri di daerah," kata Jokowi.

Jokowi juga menyatakan bahwa imbauan berdisiplin 3M harus disertai contoh kedisiplinan dan fasilitas untuk masyarakat menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi itu. 

"Jangan hanya menyuruh pakai masker kepada masyarakat, tetapi sekarang saya tambah perintahnya juga harus bagi masker karena banyak rakyat kadang juga tidak mampu beli ," tuturnya.

Sementara Ketua Dewan Pengurus Apeksi Airin Rachmi Diany menuturkan, pandemi Covid-19 memberikan dampak besar pada penyelenggaraan pemerintahan di daerah. Namun, wali kota Tangerang Selatan itu menegaskan bahwa pelayanan kepada masyarakat tetap harus berjalan.
masker
"Kami menyadari, dalam situasi dan kondisi apapun, proses pelayanan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat harus berlandaskan pada prinsip tata kelola yang baik dan kualitas pelayanan publik," tuturnya.(tan/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Presiden Jokowi meminta kepala daerah tidak hanya memerintahkan rakyat memakai masker.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News