Pak Kades Terjaring Tim Saber Pungli

Pak Kades Terjaring Tim Saber Pungli
Ilustrasi: Instagram/jokowi

jpnn.com - jpnn.com - Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) terus menyasar aparatur pelayanan publik yang memungut uang tanpa dasar. Bahkan kepala desa pun tak luput dari operasi Saber Pungli.

Sepekan lalu, Tim Saber Pungli Polda Jawa Tengah menangkap seorang kepala desa di Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Namanya Mudhakir yang sehari-hari menjadi kepala Desa Manggis.

Camat Sirampog Munaedi menjelaskan, Tim Saber Pungli Polda Jateng menangkap Mudhakir pada Selasa pekan lalu (24/1). “Informasi di lapangan, masalah ini terkait proyek operasi nasional agraria,” ujar Munaedi seperti diberitakan radartegal.com.

Dia menambahkan, selain Mudhakir juga ada ada lima orang perangkat Desa Manggis yang terjaring operasi Tim Saber Pungli. Namun, lima perangkat itu sudah dilepas dan berstatus sebagai saksi.

”Lima orang yang ikut diamankan sekarang sudah pulang. Saat ini hanya kades yang ditahan. Pak Kades sampai sekarang masih diperiksa di Polda. Terkait sebagai saksi atau tersangka, sampai sejarang kita belum tahu pasti,” paparnya.

Meski demikian Munaedi memastikan aktivitas pelayanan terhadap masyarakat di Desa Manggis masih normal. Masyarakat bisa mengurus layanan publik seperti biasanya.

Sedangkan Pemerintah Kabupaten Brebes bakal menyediakan advokasi untuk Mudhakir. Hanya saja, sampai saat ini Pemkab Brebes masih menunggu pemberitahuan resmi dari Polda Jateng.

”Secara resmi saya belum menerima laporan masalah itu, tahu dari pesan WhatsApp. Kades yang diamankan ini Kades Manggis, Sirampog,” ujar pelaksana tugas (Plt) Bupati Brebes Budi Wibowo.

Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) terus menyasar aparatur pelayanan publik yang memungut uang tanpa dasar. Bahkan kepala desa pun tak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News