Pak Moeldoko Sekarang Sibuk Urus Padi dan Sawah

Pak Moeldoko Sekarang Sibuk Urus Padi dan Sawah
Moeldoko (topi biru) saat panen raya di Dukuh Dempok, Kecamatan Wuluhan, Jember, Rabu (15/3). Foto: Istimewa

jpnn.com, JEMBER - Mantan Panglima TNI Jenderal (purnawirawan) Moeldoko bersama kelompok tani di Indonesia sedang mengembangkan varietas baru jenis padi. Varietas baru itu diberi nama M 400.

Dalam panen raya yang dilaksanakan di Desa Dukuhdempok, Kecamatan Wuluhan, Moeldoko menilai hasilnya cukup memuaskan.

Karena itu, dia optimistis varietas baru tersebut bisa membantu pemerintah Indonesia dalam upaya swasembada pangan, bahkan kedaulatan pangan.

''Kami telah menanam sekitar 1.000 hektare di berbagai tempat dan saat ini hasilnya sangat memuaskan. Tadi, dari hasil uji petik, hasilnya sementara 9,6 ton (per hektare),'' jelas Moeldoko di sela-sela panen raya padi kemarin.

Hasil itu, lanjut Moeldoko, didapatkan hanya pada panen pertama. Pada panen berikutnya, dia optimistis hasilnya bisa meningkat.

Sebab, ke depan, sistem pengolahan tanah pada tanaman padi dikembangkan.

''Kami melakukan pendekatan dengan menggunakan unsur organik untuk membenahi unsur tanah.Dengan begitu, untuk panen kedua, ketiga, dan seterusnya, karena tanahnya sudah terbenahi dengan baik, hasilnya bisa dipastikan meningkat dengan baik,'' ucap Moeldoko.

Dia berharap yang telah dilakukan bersama petani itu bisa membantu pemerintah dalam upaya mewujudkan swasembada pangan.

Mantan Panglima TNI Jenderal (purnawirawan) Moeldoko bersama kelompok tani di Indonesia sedang mengembangkan varietas baru jenis padi. Varietas baru

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News