Pak Tito Berkisah tentang Kekagumannya pada Satpam

Pak Tito Berkisah tentang Kekagumannya pada Satpam
Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengaku sangat mengagumi seniornya di Polri, Jenderal (Purn) Awaluddin Djamin. Sebab, dari Kapolri era 1978-1982 itu pula muncul satuan pengamanan atau satpam.

"Beliau (Awaluddin Djamin, red) yang menginisiasi adanya satpam ini," kata Tito usai memimpin apel peringatan ulang tahun satpam ke-36 di kawasan Monumen Nasional, Jakarta, Jumat (14/1). 

Tito mengatakan, satpam yang terbentuk 36 tahun silam ternyata kini sudah mengalami perubahan luar biasa. Banyak satpam kini bekerja di perkantoran ataupun pusat perbelanjaan.

Kekaguman itulah yang mendasari mantan Kapolda Metro Jaya tersebut hadir dab memimpin apel ulang tahun satpam ke-36 di Monas. "Saya sengaja ingin mengambil apel satpam untuk memberikan pesan bahwa satpam sangat penting artinya," ujarnya.

Mantan kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) itu lantas mengenang jasa-jasa satpam dalam menghadapi teroris.Salah satu contohnya adalah saat kasus bom di Kedutaan Besar Filipina di Jakarta. Korban pertama yang meninggal dunia akibat bom itu adalah satpam.

Yang tak kalah fenomenal adalah aksi satpam saat menolong seorang anak kecil korban bom di depan Kedubes Australia. Sedangkan saat teror bom di Jalan MH Thamrin, satpam pula yang maju pertama kali sebelum polisi maupun tentara datang. 

"Anggota satpam juga banyak jadi korban dalam peristiwa itu," kata mantan Kepala Densus 88 Antiteror Mabes Polri itu.

Belum lagi saat penindakan kasus  kriminal lain seperti perampokan, penodongan, pencopetan, satpam merupakan garis terdepan. "Karena  jumlah mereka banyak dan lebih banyak dari polisi," katanya. 

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengaku sangat mengagumi seniornya di Polri, Jenderal (Purn) Awaluddin Djamin. Sebab, dari Kapolri era 1978-1982

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News