Pakar Apresiasi Cara Bupati Anas Kembangkan Banyuwangi

Pakar Apresiasi Cara Bupati Anas Kembangkan Banyuwangi
Abdullah Azwar Anas (kanan) berbagi pengalaman di Kampus ITB. Foto: for JPNN.com

jpnn.com, BANDUNG - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berbagi pengalaman pengembangan daerah dalam perkuliahan Magister Perencanaan Wilayah dan Kota di kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung, Kamis (18/1).

Perkuliahan itu diikuti ratusan dosen dan mahasiswa. Turut hadir Dekan Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan, Prof Dr.-Ing Widjaja Martokusumo serta sejumlah guru besar dan doktor perencanaan wilayah ITB.

Bupati Anas mengatakan, keberhasilan daerah dimulai dari aspek perencanaan. Lebih jauh lagi, perencanaan yang baik harus didukung oleh penguasaan masalah dan data yang tepat.

“Jadi pengembangan daerah ini hulunya adalah masalah, ada problem yang harus diselesaikan. Dari sana dipetakan, kemudian muncul perencanaan tata ruang dan program penunjangnya. Aspek hulu ini sangat penting karena kalau data masalahnya keliru, perencanaannya pasti keliru,” kata Anas.

Dia mencontohkan sejumlah model perencanaan di Banyuwangi. Di antaranya lahan pertanian abadi untuk mempertahankan posisi Banyuwangi sebagai salah satu lumbung pangan.

“Kami juga mengurung ruang di sekitar bandara dengan pelarangan tidak boleh ada bangunan baru. IMB-nya tidak akan kami terbitkan. Maka lansekap sekitar bandara tetap persawahan. Orang mendarat langsung merasakan suasana perdesaan yang memang menjadi pembeda Banyuwangi dibanding daerah lain,” tutur Anas.

Sejumlah kluster wisata juga dipaparkan Anas, terutama yang berbasis komunitas masyarakat setempat. Di beberapa destinasi wisata unggulan, pengendalian ruang dilakukan dengan melarang pendirian hotel berbintang untuk memberi ruang luas bagi masyarakat dalam mengembangkan homestay.

“Sehingga masyarakat berpeluang meraih pendapatan di tengah pariwisata yang terus bertumbuh,” ujar Anas.

ITB mengundang Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berbagi pengalaman soal pengembangan daerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News