Pakar Apresiasi Kerja Keras Erick Thohir Bangkitkan Mental Timnas U-22 Indonesia di SEA Games 2023

Pakar Apresiasi Kerja Keras Erick Thohir Bangkitkan Mental Timnas U-22 Indonesia di SEA Games 2023
Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pakar Manajemen Prestasi Olahraga Prof Djoko Pekik Irianto mengapresiasi kerja keras Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir yang telah menyemangati dan membangkitkan mental Timnas U-22 Indonesia di SEA Games 2023 sehingga berhasil masuk final setelah menang dramatis melawan Vietnam.

Motivasi dan penguatan mental, kata Djoko Pekik, sangat berpengaruh positif bagi pemain terutama pada pertandingan final melawan Thailand agar Timnas U-22 Indonesia keluar sebagai juara dan meraih medali emas pada ajang SEA Games 2023.

“Pertama kita patut berbangga dahulu bahwa Timnas Indonesia masuk ke babak final. Kedua, seluruh masyarakat Indonesia bukan hanya Pak Ketum PSSI-nya, saya kira mendorong agar para atlet kita itu tampil yang terbaik sehingga kalau bisa tampil dengan baik itu nanti hasilnya juga akan terbaik,” kata Djoko Pekik kepada wartawan, Senin (15/5/2023).

Untuk menjaga mental para pemain muda Indonesia tetap positif, Djoko Pekik meminta jangan terlalu membebani mental dan pikiran pemain timnas atau menargetkan untuk harus juara.

Menurut dia, biarkan saja para pemain tampil dengan lepas dan mengalir agar saat bertanding mengeluarkan permainan yang terbaiknya.

“Di dalam kontes bagaimana kita memberikan penguatan mental saya kira dengan pola atau dengan cara agar mereka tidak terbebani karena apa catatan menunjukkan bahwa pertemuan antara Thailand dan Indonesia itu kan lebih sering dimenangkan oleh Thailand,” urainya.

Djoko Pekik yang juga Guru Besar Olahraga dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu mengatakan penguatan mental yang diberikan harus tetap proporsional atau tidak terlalu berlebihan.

“Oleh karena itu, dukungan terhadap penguatan mental Timnas dilakukan secara proporsional. Jangan sampai nanti merasa diberikan beban harus jadi juara. Jangan seperti itu,” ucapnya.

Pakar Manajemen Prestasi Olahraga Prof Djoko Pekik Irianto mengapresiasi Erick Thohir yang telah membangkitkan semangat Timnas Indonesia di SEA Games 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News