Pakar: Gagasan dan Kebijakan Ganjar soal Pertanian Sudah Teruji

Pakar: Gagasan dan Kebijakan Ganjar soal Pertanian Sudah Teruji
Presiden Jokowi, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, dan bacapres Ganjar Pranowo memegang padi yang diberikan petani, pada pembukaan Rakernas IV PDI Perjuangan di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/9). Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Guru besar di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Semarang (USM) Haslina menilai gagasan dan kebijakan Ganjar Pranowo soal pertanian layak diterapkan secara nasional.

Menurut Prof Haslina, gagasan dan kebijakan Ganjar di bidang pertanian sudah teruji di Jawa Tengah.

Ganjar dianggap berhasil menangani pertanian dari hulu hingga hilir.

Prof Haslina memandang Gubernur Jateng dua periode itu telah menjadikan Jateng swasembada beras, serta mendorong diversifikasi pangan dan menjaga kestabilan harga produk pertanian.

Pakar: Gagasan dan Kebijakan Ganjar soal Pertanian Sudah TerujiHaslina. Foto: dok. pribadi for JPNN

"Itu bisa dilakukan Pak Ganjar di Indonesia. Apa yang terjadi di Jateng merupakan contoh baik. Dari ketahanan pangan, stabilitas harga terjaga dengan baik, perluasaan kesempatan kerja dan peningkatan pendapatan. Pemberdayaan masyarakat miskin juga berjalan dengan baik" katanya.

Haslina bilang, jika nanti Ganjar terpilih sebagai Presiden Indonesia, kesuksesan terkait ketahanan pangan di Jateng bisa direplikasi di wilayah lain, bahkan untuk skala nasional.

"Sukoharjo berhasil surplus tinggi dalam produksi serealia, umbi-umbian, dan beras. Harapannya surplus tersebut bisa terjadi di seluruh daerah Indonesia," ujarnya.

Pakar teknologi pertanian optimistis Ganjar Pranowo mampu mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News