Pakar Hukum Pidana Dukung Langkah Kabareskrim Tangani Kasus Dito

Pakar Hukum Pidana Dukung Langkah Kabareskrim Tangani Kasus Dito
Ilustrasi - Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto. Pakar hukum pidana Agus Surono mendukung langkah Kabareskrim dalam menangani kasus Dito Mahendra. Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com - Guru Besar Hukum Pidana Universitas Pancasila (UP) Agus Surono mendukung langkah tegas Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto dalam menangani perkara yang menjerat Dito Mahendra.

Kabareskrim diketahui telah menetapkan Dito sebagai tersangka dan masuk ke dalam daftar pencarian orang (DPO), setelah tidak memenuhi panggilan kepolisian untuk menjalani pemeriksaan.

Dito ditetapkan sebagai tersangka kasus kepemilikan senjata api ilegal.

Menurut pakar hukum pidana Agus Surono, kasus senpi ilegal Dito Mahendra perlu ditangani secara serius.

“Menurut saya, bagus, memang harus upaya serius dan konkret dalam melakukan proses hukum kepada siapapun yang melanggar hukum,” ujar Agus dalam keterangannya, Jumat (5/5).

Agus menilai penetapan tersangka dan status DPO terhadap Dito Mahendra adalah bukti Kabareskrim Polri tak pandang bulu dalam penegakan hukum.

“Terkait dengan penetapan sebagai DPO, itu merupakan kewenangan dari aparat penegak hukum, dalam hal ini penyidik untuk menetapkan seseorang sebagai DPO,” ucapnya.

Kendati demikian, Agus berpesan, penanganan kasus seperti Dito Mahendra tetap harus mengedepankan penegakan hukum yang berlaku di Indonesia.

Pakar hukum pidana Agus Surono mendukung langkah Kabareskrim Polri dalam menangani kasus Dito Mahendra.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News