Pakar Kesehatan Peringatkan Soal Kebiasaan BBQ Ala Australia

Pakar Kesehatan Peringatkan Soal Kebiasaan BBQ Ala Australia
Bendera Australia. Foto: Ilustrasi

Sosis menjadi makan favorit untuk barbecue di Australia tapi sejumlah pakar nutrisi kini memperingatkan soal dampaknya yang bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Penelitian terbaru menunjukkan warga Australia mengkonsumsi 1,1 miliar daging sosis setiap tahunnya. Satu sosis mengandung setengah dari jumlah garam yang direkomendasikan per hari, dan ditambah saus serta dibungkus sehelai roti putih.

"Ini menjadi kekhawatiran yang besar karena berisiko bagi kesehatan kita," ujar Clare Farrand, pakar nutrisi di Australia.

Clare adalah penulis utama dari laporan yang baru dirilis hari Rabu (14/03) oleh George Institute for Global Health. Penelitian tersebut menganalisa kandungan garam pada lebih dari 1.000 jenis olahan daging di empat supermarket terbesar Australia sepanjang kurun 2010-2017.

Mereka menemukan kandungan garam di sejumlah jenis daging telah berkurang, tetapi tidak pada sosis.

"Tidak ada perubahan dalam hampir sepuluh tahun, ini mengkhawatirkan," ujar Siam Armstrong, pakar gizi di Heart Foundation Australia.

"Rata-rata warga Australia memakan 44 sosis per tahun dengan total 16 sendok teh garam, dan sejumlah sosis tiga kali lebih asin dari yang lainnya."

Temuan ini menyusul studi awal tahun 2018, yang menyebutkan konsumsi garam di kalangan pria Australia dua kali dari yang direkomendasikan per hari. Sementara di kalangan perempuan tidak berbeda jauh.

Sosis menjadi makan favorit untuk BBQ Ala Australia tapi sejumlah pakar nutrisi kini memperingatkan soal dampaknya yang bisa berdampak buruk pada kesehatan

Sumber ABC News

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News