Pakar: Program BLT Berdampak Positif kepada Presiden Jokowi

Pakar: Program BLT Berdampak Positif kepada Presiden Jokowi
Presiden Jokowi. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pakar Kebijakan Publik Universitas Indonesia Zuliansyah mengatakan pemberian bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat kecil di tengah kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) berdampak positif terhadap peningkatan kepuasan bagi Presiden Jokowi.

“Kalau kita lihat itu kan rakyat cukup puas ya dari 62,6 persen naik menjadi 67 persen. Artinya naik ke sekitar 5 persen dalam jangka waktu yang cukup singkat. Memang kalau kita lihat surveinya bahwa bantuan langsung kepada rakyat itu memberikan porsi yang tertinggi terhadap kepuasan kepada pemerintahan Jokowi,” ujar Zuliansyah, Selasa (4/10/2022).

Dosen Fakultas Ilmu Administrasi UI mengatakan manfaat dari bantuan yang diterima langsung oleh masyarakat terbukti mengatrol tingkat kepuasan, di samping program-program Presiden Jokowi yang sudah lama di kerjakan seperti pada sektor infrastruktur.

“Artinya itu kan program diterima langsung oleh masyarakat. Lalu ada survei maka tentu saja ia akan mengalami kenaikan kepuasannya. Walaupun ada beberapa program-program Presiden Jokowi yang sudah lama dilakukan seperti infrastruktur jalan dan sebagainya Itu juga kepuasannya cukup tinggi,” ujar dia.

Namun, Zuliansyah juga memberikan masukan kepada pemerintah terhadap masalah lain di masyarakat seperti kenaikan harga bahan pokok yang harus diperhatikan dan harus segera ditangani.

“Harus segera memperhatikan variabel-variabel masyarakat yang merasa tidak puas itu harus disentuh terus itu harus ditangani secara cepat,” ujar Zuliansyah.

Sementara itu, Peneliti Bidang Ekonomi Makro dan Perdagangan Internasional Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Iwan Hermawan mengatakan bantuan sosial (bansos) akan menjaga stabilitas perekonomian nasional di tengah kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Menurut Iwan, bansos akan berdampak terhadap pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 0,0067 persen.

Pakar Kebijakan Publik UI Zuliansyah mengatakan pemberian BLT kepada masyarakat kecil berdampak positif terhadap tingkat kepuasan kepada Presiden Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News