Pameran Foto 7 Citizen No 1, Mengangkat Kisah Tujuh Presiden Indonesia

Pameran Foto 7 Citizen No 1, Mengangkat Kisah Tujuh Presiden Indonesia
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam pameran fotografi jurnalistik dan peluncuran buku fotografi bertajuk "7 Citizen No.1". Foto: dok PFI

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Imam Gunarto mengunjungi pameran fotografi jurnalistik dan peluncuran buku fotografi bertajuk "7 Citizen No.1".

Pameran itu diadakan oleh Pewarta Foto Istana Kepresidenan, Pewarta Foto Indonesia (PFI) dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Neo Soho Mal, Jakarta, Minggu (20/11).

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Basuki yang disematkan label "fotografer G20" melihat-lihat karya fotografi profesional tentang sejarah perjalanan 7 Presiden mulai dari era Presiden Soekarno hingga Presiden Joko Widodo dalam memimpin bangsa Indonesia.

Menteri Basuki mengajak para pengunjung pameran tidak hanya melihat hasil karya foto dari sisi ilmu atau teknik fotografi, tetapi bagaimana memaknai nilai sejarah bangsa.

"Saya kira sebagai generasi penerus bangsa, pameran fotografi ini bisa menjadi pelajaran. Kita bandingkan apa yang sudah kita lakukan untuk negara sekarang ini dengan apa yang sudah diberikan beliau-beliau untuk bangsa Indonesia," kata Menteri Basuki.

Menteri Basuki menambahkan pemerintah Indonesia memiliki Arsip Nasional RI (ANRI) yang menyimpan berbagai arsip foto, peta dan dokumen yang memotret perjalanan sejarah bangsa dari masa ke masa.

Pada kesempatan yang sama kurator foto pameran tersebut, Oscar Motuloh mengatakan perjuangan para pendiri bangsa juga bisa menjadi pelajaran bagi para generasi penerus untuk berkaca dalam memberikan sumbangsih kepada bangsa dan negara.

"Foto-foto tersebut merupakan bukti autentik yang mengabadikan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia," tutur Oscar Matuloh.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengapresiasi pameran foto 7 Citizen No.1.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News