Pameran Lukisan Koleksi Istana Mengantar Bu Mega Mengenang Masa Belia

Pameran Lukisan Koleksi Istana Mengantar Bu Mega Mengenang Masa Belia
Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri saat mengunjungi Galeri Nasional, Kamis (10/8) guna menyaksikan pameran bertema 'Senandung Ibu Pertiwi' yang memajang lukisan koleksi Istana Negara. Foto: publicist PDIP for JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dikenal memiliki ketertarikan tinggi pada seni. Presiden RI Kelima itu sangat menggemari berbagai karya seni khas Indonesia.

Hari ini (10/8), Megawati mengunjungi Galeri Nasional untuk melihat pameran bertema Senandung Ibu Pertiwi yang memajang koleksi Istana Kepresidenan. Turut mendampingi Megawati antara lain Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dan Dwi Ria Latifah.

Megawati menuturkan, lukisan bukan hal asing lagi baginya.  Menurutnya, lukisan adalah bentuk hasil berpikir yang luar biasa.

"Dari dahulu kita tahu bahwa karya lukisan ini adalah seni dan hasil dari berpikir yang luar biasa. Sejak kecil saya terbiasa dengan seni lukis sehingga bisa menikmati keindahannya," tuturnya.

Tokoh kelahiran Yogyakarta, 23 Januari 1947 itu lantas menyebut nama pelukis kondang Basuki Abdullah. Megawati mengatakan, Bung Karno mengoleksi banyak lukisan karya masetro seni lukis Indonesia itu.

"Saya memang menghabiskan masa kecil di Istana. Jadi tahu persis. Pelukis-pelukis seperti Basuki Abdullah, saya panggilnya Om Bas itu saya kenal. Dulu saya pernah digambar oleh Om Bas saat masih kecil," tuturnya.

Apalagi, sambung Megawati, banyak pelukis Indonesia yang juga pejuang. Mereka punya andil dalam meraih kemerdekaan Indonesia.

Megawati juga mengatakan, banyak lukisan yang dihasilkan sebelum Indonesia merdeka. Tinggal di Istana Negara membuat tokoh berdarah Bali itu mengenal banyak lukisan, termasuk yang dipamerkan kali ini di Galeri Nasional.

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dikenal memiliki ketertarikan tinggi pada seni. Presiden RI Kelima itu sangat menggemari berbagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News