PAN Mau Berkongres Lagi, Zulkifli Beber Nama Calon Pesaingnya

PAN Mau Berkongres Lagi, Zulkifli Beber Nama Calon Pesaingnya
Ketum PAN Zulkifli Hasan usai bertemu empat mata dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Senin (14/10). Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) akan menggelar rapat pimpinan nasional (rapimnas) pada 6 Desember 2019. Agenda Rapimnas PAN bulan depan adalah menentukan waktu pelaksanaan kongres partai berlambang matahari itu.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan, kemungkinan kongres partainya akan dilaksanakan pada Maret 2020. “Rakernasnya tanggal 6 Desember untuk memutuskan kongres, kira-kira akan dilaksanakan Maret,” kata Zulkifli di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (14/11).

Wakil ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) itu menuturkan, kini sudah ada sejumlah nama kandidat ketua umum PAN yang muncul. Zulkifli lantas menyebut sejumlah nama, antara lain mantan MenPAN-RB Asman Abnur, eks Ketua Fraksi PAN DPR Mulfachri Harahap, Wakil Ketua Umum PAN Hanafi Rais, serta Wali Kota Bogor Bima Arya.

Namun, Zulkilfi juga masih berniat maju sebagai calon ketua umum pada Kongres PAN mendatang. Alasannya adalah sudah banyak dewan pimpinan wilayah (DPW) PAN memintanya kembali memimpin partai yang dideklarasikan pada 23 Agustus 1998 itu.

“Kami patuh kepada perintah DPW saja. Ada beberapa, banyak DPW yang minta,” kelakarnya.

Lebih jauh Zulkifli menuturkan, PAN sebagai partai yang lahir dari reformasi sangat demokratis dan menghormati semua kandidat ketua umum. Namun, mantan menteri kehutanan itu mengharapkan kampanye para kandidat ketua umum PAN bisa dilakukan secara positif mengingat persaingannya hanya tingkat internal.

Walakin, Zulklifli justru menginginkan pemilihan ketua umum PAN tidak melalui voting. “Semua berniat baik untuk memajukan partai sehingga harus terbuka, transparan, adil, dan dilaksanakan sebaik baik mungkin sedemokratis mungkin, tetapi andai kata nanti ada musyawarah mufakat itu juga bagus,” katanya.(boy/jpnn) 

 

PAN akan menggelar rapimnas untuk menentukan waktu pelaksanaan kongres yang beragendakan pemilihan ketua umum.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News