PAN: Semua Calon Berpeluang jadi Pemenang

PAN: Semua Calon Berpeluang jadi Pemenang
Yandri Susanto. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Partai Amanat Nasional (PAN) dalam rapat plenonya telah memutuskan untuk menggunakan sistem terbuka pada pemilu legislatif.

Menurut Wakil Sekjen PAN, Yandri Susanto, sistem terbuka lebih adil karena semua calon anggota legislatif (caleg) punya kesempatan yang sama untuk keluar sebagai pemenang. Sistem terbuka itu sudah diputus dalam rapat pleno kemarin.

“Selanjutnya akan dibawa ke Rakernas yang digelar akhir Mei ini sembari menunggu sikap resmi pemerintah tentang pileg ini,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (21/5).

Menurut Yandri, partainya telah memilih cara sendiri sesuai perkembangan saman dan mendorong demokrasi lebih berkualitas. “PAN punya sikap sendiri sesuai perkembangan saman. Kami lebih memilih pemilu legislatif terbuka saja,” tegasnya.

Namun, dia tetap menghargai opini publik tentang wacana sistem pemilihan di pemilu legislatif yang cenderung mengerucut pada sistem pemilu legislatif tertutup.

“Debat publik yang cenderung ke arah sistem pemilu legislatif tertutup sangat kami hargai,” kata Yandri.(fas/jpnn)


JAKARTA – Partai Amanat Nasional (PAN) dalam rapat plenonya telah memutuskan untuk menggunakan sistem terbuka pada pemilu legislatif. Menurut


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News