Pandawa Ganjar Edukasi Milenial Antisipasi Kebakaran Lahan Gambut di Kalsel

Pandawa Ganjar Edukasi Milenial Antisipasi Kebakaran Lahan Gambut di Kalsel
Sukarelawan Ganjar Pranowo mengajak para milenial lebih tanggap dan peduli terhadap karhutla. Dok: Pandawa Ganjar.

jpnn.com, BANJARMASIN - Sukarelawan Pandawa Ganjar terus memberikan edukasi kepada pemuda milenial dan generasi Z untuk sama-sama mengantisipasi dan menanggulangi kebakaran lahan gambut yang marak terjadi di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Karena itu, loyalis Ganjar Pranowo tersebut menggelar pelatihan penanganan dan pencegahan kebakaran lahan gambut di Aula KNPI Kalimantan Selatan, Jalan Lanbung Mangkurat Nomor 2, Kelurahan Kertak Baru Ulu, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Selasa (19/9).

Koordinator Wilayah (Korwil) Pandawa Ganjar Kalimantan Nur Ghina Muslimah mengatakan pihaknya menyasar pemuda milenial dan generasi Z untuk concern terhadap permasalahan lingkungan tersebut.

"Kami melaksanakan kegiatan ini di Kalsel supaya teman-teman generasi milenal sepenuhnya merespons permasalahan itu di Kalsel," katanya.

Ghina menyatakan kebakaran lahan gambut cukup sulit dipadamkan. Diperlukan pemahaman yang holistik tentang kebakaran lahan.

Karena itu, Pandawa Ganjar menghadirkan dua pemateri dari akademisi dan satgas pemadam kebakaran untuk memberikan edukasi kepada para peserta.

"Kebakaran gambut meskipun apinya dipadamkan, tekstur tanahnya itu masih mengendap seperti dijelaskan pemateri. Itu menghasilkan asap. Asap muncul setelah api padam. Kebakaran bisa terjadi lagi," kata dia.

Pelatihan ini sebagai bentuk kepedulian Ganjar Pranowo melalui relawannya terhadap lingkungan khususnya kebakaran lahan gambut.

Sukarelawan Pandawa Ganjar mengedukasi para milenial untuk mengantisipasi dan tanggap terhadap karhutla.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News