Pandemi Covid-19: Pilih Ekonomi atau Kesehatan? Survei KedaiKOPI Membuktikan...

Pandemi Covid-19: Pilih Ekonomi atau Kesehatan? Survei KedaiKOPI Membuktikan...
Petugas tes swab COVID-19. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) merilis hasil jajak pendapatnya tentang persepsi masyarakat soal Covid-19 dan ekonomi.

Dari survei yang dilakukan pada 18 Agustus - 6 September 2020 tersebut terungkap bahwa mayoritas responden lebih mementingkan kesehatan ketimbang ekonomi.?

“Sebanyak 75,5 persen masyarakat Indonesia menyatakan kesehatan lebih penting daripada ekonomi terutama pada situasi pandemi Covid-19 ini," kata Direktur Eksekutif KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo melalui keterangan resminya, Senin (14/9).

Adi menyebut temuan itu mempertegas hasil survei KedaiKOPI pada Juni 2020. Namun, pada survei kali ini persentase responden yang mementingkan kesehatan di atas ekonomi meningkat 11 persen.

"Hasil survei tersebut (yang dilakukan pada Juni 2020, red) menyatakan sebanyak 63,4 persen responden juga memilih kesehatan daripada ekonomi," tambahnya.

Lebih lanjut Adi mengatakan, meski pandemi Covid-19 berdampak terhadap perekonomian masyarakat, faktanya hanya 27,2 persen responden yang mengaku memperoleh penghasilan lebih rendah dibanding sebelum pemberlakuan kebiasaan baru (new normal).

Adapun 47,1 persen menyatakan bahwa tidak ada yang berubah pada penghasilan mereka. “Sebanyak 25,2 persen menyatakan bahwa penghasilan mereka justru lebih baik setelah pemberlakuan kebiasaan baru," tambahnya.

?Adi menambahkan, survei terakhir KedaiKOPI itu juga memperlihatkan peningkatan persentase responden yang percaya masyarakat Indonesia kebal terhadap Covid-19.

Pada survei KedaiKOPI yang dilaksanakan Juni lalu, terdapat 31,3 persen responden yang percaya masyarakat Indonesia kebal terhadap penyakit yang diakibatkan virus corona jenis baru itu. Namun, angka itu naik menjadi 31,8 persen pada survei terakhir KedaiKOPI.

Survei terbaru KedaiKOPI mengungkap hanya 27,2 persen responden yang mementingkan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News