JPNN.com

Pandemi Covid-19, Ratusan Pesawat Menganggur di Bandara Soetta

Minggu, 19 Juli 2020 – 13:15 WIB
Pandemi Covid-19, Ratusan Pesawat Menganggur di Bandara Soetta - JPNN.com
Pesawat Lion Air. Foto: dok. Lion Air

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 102 pesawat saat ini hanya menganggur dan terparkir di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Pesawat-pesawat tersebut sudah lama tidak diterbangkan sejak Maret lalu karena pandemi COVID-19.

“Di Bandara Internasional Soekarno-Hatta saja, ada 102 pesawat yang di-grounded atau tidak dioperasikan,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin di Jakarta.

Menurut Awaluddin, menganggurnya armada pesawat tersebut karena berbagai latar belakang.

Mulai dari merosotnya permintaan, perlu perawatan atau maintenance pesawat, serta persoalan dengan mitra masing-masing maskapai.

“Maskapai belum menerbangkan dengan segala latar belakang, permintaan belum meningkat, perlu ‘maintenance’, ada persoalan mitranya,” katanya.

Dia menilai apabila pesawat-pesawat tersebut kembali dioperasikan seiring dengan normal baru atau menurunnya kurva COVID-19, bukan hanya pergerakan penumpang yang bergerak naik, melainkan juga kargo mengingat pengangkutan kargo mengikuti pesawat penumpang, yakni diangkut di perut pesawat atau aircraft belly.

“Kalau itu bisa bergerak cepat, kargo tadi juga ikut. sebagian besar kargo menumpang di armada pesawat penumpang. Di Indonesia belum banyak freighter’ kargo di udara,” sambungnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
natalia