Panen 400 Hektare, Siap Penuhi Cadangan Beras Pemerintah

Panen 400 Hektare, Siap Penuhi Cadangan Beras Pemerintah
Panen raya di Desa Semparuk, Kecamatan Semparuk, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Jumat (16/3). Foto: istimewa

jpnn.com, SAMBAS - Ketua Pelaksana Serapan Gabah Nasional, Agung Hendriadi, yang juga Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian melakukan kunjungan ke lokasi panen raya di Desa Semparuk, Kecamatan Semparuk, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Jumat (16/3).

Pada kesempatan tersebut, Agung menyaksikan transaksi pembelian gabah langsung dari petani oleh Bulog Divre Sambas, Singkawang, dan Bengkayang.

Harga pembelian Gabah Kering Panen (GKP) di lokasi ini sebesar Rp. 4.200/kg.

“Penyerapan gabah ini sangat penting untuk mengisi cadangan beras kita" ujar Agung.

Target serap gabah semester I (Jan-Juni 2018) untuk Kalimantan Barat sebesar 76.023 ton dari target nasional sebesar 2,2 juta ton.

Adapun target serapan gabah harian untuk Provinsi Kalimantan Barat sebesar 619 ton. Target tersebut optimis dicapai mengingat saat ini sudah memasuki panen raya.

"Kami optimis target yang ditetapkan pemerintah akan tercapai," tambah Agung.

Untuk mencapai target tersebut, pihaknya meminta Bulog untuk mengoptimalkan serapan gabah di wilayah ini dengan kemitraan bersama TNI sesuai mekanisme sergap yang telah disepakati.

Ketua Pelaksana Serapan Gabah Nasional, Agung Hendriadi menyaksikan transaksi pembelian gabah langsung dari petani oleh Bulog Divre Sambas, Singkawang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News