Panen Raya Pangkas Angka Pengangguran di Desa

Panen Raya Pangkas Angka Pengangguran di Desa
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (baju putih tengah), melakukan panen raya dan serap gabah petani di Kelurahan Sepe'e, Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Senin (20/3). Foto: Ken Girsang/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mengembuskan kabar gembira tentang tingkat warga yang bekerja dan angka pengangguran. Berdasar temuan terbaru BPS, jumlah warga yang bekerja meningkat, sedangkan tingkat pengangguran menurun.

Deputi Bidang Statistik Sosial BPS Sairi Hasbullah mengatakan, jumlah angkatan kerja di Indonesia pada Februari 2017 mencapai 131,55 juta orang, atau naik 6,11 juta orang dibanding Agustus 2016. Jika dibanding periode Februari 2016, kenaikannya mencapai 3,88 juta orang.

Sedangkan jumlah penduduk yang bekerja pada Februari 2017 mencapai 124,54 juta orang, atau naik 6,13 juta dibanding semester lalu. Jika dibanding Februari 2016, jumlah penduduk yang bekerja pada Februari tahun ini meningkat 3,89 juta orang.

Meningkatnya jumlah warga yang bekerja membuat angka pengangguran berkurang. “Jumlah pengangguran 7,01 juta orang, mengalami penurunan sekitar 20 ribu orang dibanding semester lalu,” ujar Sairi dalam jumpa pers di kantorya, Jumat (5/5).

Lebih lanjut Sairi menjelaskan, tingkat pengangguran terbuka (TPT) di kawasan perkotaan cenderung lebih tinggi dibanding perdesaan. Merujuk data BPS, TPT di perkotaan mencapai 6,50 persen. “Sedangkan di perdesaan hanya 4,00 persen,” sebut Sairi.

Dibandingkan setahun lalu, sambungnya, terjadi penurunan tingkat pengangguran di perkotaan maupun perdesaan. TPT di perkotaan turun 0,03 persen, sedangkan di perdesaan 0,35 persen.

Sairi menjelaskan, mayoritas pengangguran di perdesaan terserap oleh sektor pertanian. Apalagi ada masa panen raya pada kurun waktu Februari-Maret lalu.

Menurut Sairi, masa panen pertanian periode Februari-Maret 2017 memang lebih besar ketimbang periode yang sama tahun lalu. “Karena itu angka penganggurannya pun lebih rendah," ulasnya.(jpg/ara/jpnn)


Badan Pusat Statistik (BPS) mengembuskan kabar gembira tentang tingkat warga yang bekerja dan angka pengangguran. Berdasar temuan terbaru BPS, jumlah


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News