KTNA: Pemerintah Sudah Membantu di Sektor Pertanian

KTNA: Pemerintah Sudah Membantu di Sektor Pertanian
Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) menggelar Pekan Nasional (Penas) Ke-15 di Aceh, Jumat (5/5). Gilang/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Winarno Tohir mengatakan pemerintah belakangan ini cukup membantu petani dalam meningkatkan kesejahteraannya.

Kemudian, petani kini cukup terdorong untuk menambah luas tanam dengan program pemerintah.

"Dengan kebijakan pemerintah ada permodalan dari perbankan yang back up. Sekarang ada kredit ultramikro," kata dia di sela-sela acara Pekan Nasional (Penas) di Aceh, Jumat (5/5).

Menurut dia, program pemerintah tersebut sangat membantu petani menengah ke bawah. Petani, kata dia, bisa meminjam Rp 15 juta untuk meningkatkan produksi pertaniannya.

"Yang baru ini ya petani padi cukup itu, dana Rp 10-15 juta. Dan bunga lebih ringan," kata dia.

Selain itu, kata dia, pemerintah pusat juga memberikan pupuk, bibit, dan program pertanian sebelum dan pascapanen secara gratis. Harga komoditas pangan pun dijaga dengan menguntungkan petani dan masyarakat.

"Kemudian bantuan alsintan (alat dan mesin pertanian). Alsintan ini cukup membantu dalam rangka efesiensi,” kata dia.(Mg4/jpnn)


Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Winarno Tohir mengatakan pemerintah belakangan ini cukup membantu petani dalam meningkatkan kesejahteraannya.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News