Pangdam Udayana Bangun Pompa Hidram, Gubernur Bali Merespons Begini

Pangdam Udayana Bangun Pompa Hidram, Gubernur Bali Merespons Begini
Peresmian pompa hidram di Desa Tanguntitu, Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan, Kamis (7/10). Foto: Dokumentasi Kodam IX/Udayana

jpnn.com, BALI - Panglima Kodam IX/Udayana Mayjen Maruli Simanjuntak bersama Gubernur Bali I Wayan Koster meresmikan pompa hidram yang dibangun di Desa Tanguntitu, Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan, Kamis (7/10).

Pompa hidram yang diinisiasi Mayen Maruli itu dibangun dengan memanfaatkan air sungai untuk pengairan pertanian dan konsumsi warga setempat.

Adapun pompa hidram itu dapat mengairi areal pertanian seluas 220 hektare di Kecamatan Selemadeg Timur.

Maruli mengatakan pembangunan pompa hidram itu memanfaatkam gravitasi air sungai. Jadi, tidak ada bantuan aliran listrik untuk mengairi areal pertanian.

"Langkah ini sangat efisien dari segi pembiayaan. Dapat bermanfaat bagi masyarakat yang tinggal di atas sungai dan yang dulu susah untuk mendapatkan air bersih maupun untuk mengairi lahan pertanian yang luas," kata Maruli dalam keterangan tertulis.

Dia menambahkan pembangunan pompa hidram tersebut sebelumnya sudah dilakukan di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Sebanyak 150 pompa hidram sudah terpasang di wilayah NTT.

"Kami menargetkan bakal menyelesaikan 202 titik pompa hidram untuk memastikan warga di NTT mudah mendapatkan air bersih," ujar Maruli.

Panglima Kodam IX/Udayana Mayjen Maruli Simanjuntak bersama Gubernur Bali I Wayan Koster meresmikan pompa hidram yang dibangun di Desa Tanguntitu, Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan, Kamis (7/10), simak selengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News