Panglima AB Thailand Desak Somchai Mundur

Panglima AB Thailand Desak Somchai Mundur
Foto : REUTERS
BANGKOK – Semakin besarnya desakan Aliansi Rakyat untuk Demokrasi (PAD) kepada pemerintah mengusik Ketua Angkatan Bersenjata. Buktinya, seperti dilansir The Nation Jenderal Anupong Paochinda menyarankan agar pemerintah mengabulkan tuntutan demonstran, untuk mengundurkan diri.

Dilaporkan Bangkok Post, Anupong tidak sekadar mengeluarkan seruan kepada pemerintah untuk segera membubarkan diri. Tapi, dia juga berusaha bersikap adil, dengan meminta PAD untuk menyudahi aksi demonstrasi mereka. Kedua hal itu disampaikan Anupong dalam konferensi pers, kemarin. Menurutnya, keduanya bisa menjadi penyelesaian ampuh yang bisa mengakhiri krisis politik Thailand.

Pada kesempatan tersebut, Anupong juga mendesak diselenggarakannya pemilu lagi. Anupong juga menyangkal bahwa militer akan melakukan kudeta lagi demi “menurunkan” pemerintahan PM Somchai Wongsawat. Bila itu terjadi, berarti Somchai yang adik ipar mantan PM Thaksin Shinawatra mengalami nasib sama seperti kakak iparnya itu.

September 2006 lalu, Thaksin dikudeta oleh militer Thailand. ’’Pemerintahan ini masih memiliki kekuasaan penuh. Inilah titik untuk memperbaiki masalah yang membuat krisis besar bagi negara ini,’’ kata Anupong seperti dikutip BBC. ’’Dan kalaupun kudeta bisa menyelesaikan semua masalah ini, saya bersedia melakukannya.’’

BANGKOK – Semakin besarnya desakan Aliansi Rakyat untuk Demokrasi (PAD) kepada pemerintah mengusik Ketua Angkatan Bersenjata. Buktinya, seperti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News