Bangkok Rusuh, Bandara Lumpuh

GA 866 Balik ke Cengkareng

Bangkok Rusuh, Bandara Lumpuh
Foto : REUTERS
JAKARTA – Kondisi politik Thailand kembali bergolak dan menyita perhatian dunia internasional. Hal ini terjadi setelah Bandara Internasional Suvarnabhumi di Bangkok, Thailand itu diblokade oleh ribuan demonstran yang mengatasnamakan Gerakan Aliansi Rakyat (PAD). Akibatnya, ribuan penumpang terlantar dan beberapa maskapai penerbangan termasuk Garuda Indonesia harus membatalkan penerbangannya. Demontran yang mengatasnamakan PAD mulai menyerbu masuk ke bandara pada Selasa, 25 November malam waktu setempat.

PAD bertekad akan terus menutup bandara sampai Perdana Menteri Somchai Wongsawat mengundurkan diri. Menurut aparat kepolisian Thailand, sekitar 8 ribu demonstran telah membanjiri bandara mewah itu. Sebagian besar demonstran mengenakan pakaian berwarna kuning, simbol kesetiaan pada raja. 1.500 pendemo lainnya mengarah menuju bandara dari areal Government House, kantor resmi PM yang telah dikuasai massa sejak Agustus lalu. Buntutnya, PM Somchai pun berkantor sementara di bandara lama Don Mueang di Bangkok.

Sementara, Kepala Komunikasi PT Garuda Indonesia mengatakan, imbas diblokadenya Bandara Internasional Suvarnabhumi Thailand oleh puluhan ribu demonstran, penerbangan Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 866 jurusan Jakarta-Bangkok, dicancel.

Pudjo menjelaskan, Selasa malam (25/11) pukul 21.20, pesawat Garuda GA 866 take off (lepas landas) menuju Bandara Internasional Suvarnabhumi, Thailand. Namun, pada 22.20, pihak Garuda dan Bandara Internasional Soekarno-Hatta mendapat informasi dari Thailand, bahwa Bandara  Suvarnabhumi dinyatakan tutup. ‘’Kami mendapat informasi dari Thailand, Bandara Suvarnabhumi dinyatakan closed. Informasi segera kami teruskan kepada Pilot pesawat GA 866 melalui operational centre Garuda. Maka, pilot segera melakukan return to base (kembali) ke Bandara Soekarno Hatta,’’ kata terang Pudjo.

JAKARTA – Kondisi politik Thailand kembali bergolak dan menyita perhatian dunia internasional. Hal ini terjadi setelah Bandara Internasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News