Panglima TNI Ajak Kerja Sama Angkatan Bersenjata ASEAN, Ini Tujuannya

Panglima TNI Ajak Kerja Sama Angkatan Bersenjata ASEAN, Ini Tujuannya
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo bersama Panglima Angkatan Bersenjata negara-negara ASEAN pada Sidang ke-13 ACDFIM (Asean Chief of Defence Force Informal Meeting) tahun 2016 di Vientiane, Laos. FOTO: Puspen TNI for JPNN.com

jpnn.com - VIENTIANE, LAOS – Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengajak para Panglima Angkatan Bersenjata di ASEAN untuk meningkatkan hubungan kerja sama. Kerja sama ini sebagai langkah antisipasi berupa regionalism ASEAN yang berperan sebagai mekanisme manajemen konflik.

Kerja sama juga bertujuan untuk menciptakan tatanan keamanan dan politik yang lebih komprehensif, interaksi kolaboratif seluruh Angkatan Bersenjata ASEAN dengan berprinsip mutual trust and confidence building measure.

“Prinsi kerja sama agar menciptakan entitas kawasan yang solid, menjamin kehidupan nasional setiap negara kawasan terbebas dari tekanan dan ancaman, berkomitmen untuk tidak campur tangan atau intervensi terhadap urusan dalam negeri negara masing masing,” kata  Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat presentasi pada Sidang ke-13 ACDFIM (Asean Chief of Defence Force Informal Meeting) tahun 2016 di Don Chan Palace Hotel, Vientiane, Laos, beberapa waktu lalu.

Hal lainnya, menurut Panglima TNI, penyelesaian perselisihaan dengan cara-cara damai tanpa menggunakan kekuatan militer dan menolak tegas ancaman yang disertai dengan kekerasan baik dari dalam maupun luar kawasan. Selain itu, isu keamanan yang bersifat multi dimensional di kawasan senantiasa diselesaikan oleh negara-negara di kawasan melalui cara komprehensif dengan cara diplomatis.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News