Panglima TNI Ajak Seluruh Komponen Bangsa Bersatu Kelola SDA Indonesia

Panglima TNI Ajak Seluruh Komponen Bangsa Bersatu Kelola SDA Indonesia
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo pada Rapat Kerja Nasional Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Rakernas KLHK) RI di Auditorium DR. Soejarwo Gedung Manggala Wanabakti, Senayan, Jakarta. Foto: Puspen TNI

jpnn.com, JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bersatu mengelola Sumber Daya Alam (SDA) Indonesia, demi kepentingan dan kemakmuran rakyat.

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI di hadapan 800 peserta Rapat Kerja Nasional Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Rakernas KLHK) Republik Indonesia di Auditorium DR. Soejarwo Gedung Manggala Wanabakti, Jalan Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (3/8).

Panglima TNI menegaskan bahwa sebagai bangsa Indonesia harus tetap waspada terhadap kekayaan sumber daya alam Indonesia, kalau tidak ingin menjadi perebutan negara lain.

“Saya ingatkan jangan sampai pihak asing menjadikan negeri ini sebagai kancah konflik antar kelompok untuk menguasai sumber daya alam Indonesia,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Jenderal Gatot memberikan gambaran tentang Kepulauan Anambas yang memiliki luas sekitar 7 ribu hektare dan memiliki sumber air yang sangat dibutuhkan masyarakat, sementara 3 ribu hektare lebih akan dibuat sebagai kebun karet. “Ini yang sering diresahkan masyarakat, maka perlu adanya evaluasi aturan terhadap luas kepemilikan lahan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Panglima TNI menyampaikan ancaman nyata bangsa Indonesia adalah kompetisi global antar negara yang berubah menjadi kompetisi antar manusia dalam bentuk migrasi lintas negara untuk mencari kehidupan yang lebih baik.

“Ini menjadi suatu peringatan dan harus kita waspadai, karena Indonesia sebagai salah satu negara ekuator yang kaya akan sumber daya alam,” tegasnya.

Menurut Jenderal Gatot, perkembangan penduduk dunia luar biasa dan semakin hari semakin bertambah, sementara itu energi dan pangan makin berkurang.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bersatu mengelola Sumber Daya Alam (SDA) Indonesia,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News