Panglima TNI akan Bangun Monumen di P Rote

Panglima TNI akan Bangun Monumen di P Rote
Panglima TNI akan Bangun Monumen di P Rote
KUPANG - Panglima TNI Djoko Santosa akan membangun monumen Sonbai dan Eltari, di kawasan perbatasan pulau Rote Ndao, di Kupang Nusa Tenggara timur. Monumen yang akan dibangun di wilayah perbatasan paling selatan NTT itu akan mengambil tema nasionalisme. " Tema ini cocok, karena lokasi monumen berada di wilayah perbatasan NKRI paling selatan," kata Danrem 161 Wirasakti Kupang, Kol (inf) Dody Usoko Hargo Suseno kepada JPNN, di Kupang.

Pendirian monumen bertujuan untuk menentukan batas NKRI, khusus untuk Rote Ndao sebagai pertahanan terdepan paling selatan Indonesia. Karena, yang terjadi sekarang banyak pihak luar yang mengklaim tentang wilayah perbatasan, sehingga untuk Indonesia perlu adanya perbatasan yang jelas dari Sabang sampai Merauke dan dari Miangas sampai pulau Rote.

Dody menambahkan, masyarakat Rote Ndao seharusnya sangat beruntung karena tinggal di wilayah tersebut. Sehingga, dikenal diseluruh Indonesia. Dengan pembuatan monumen tersebut, diharapkan dapat memberikan pemasukan yang cukup bagi pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Rote Ndao. Selain karena wilayah tersebut terkenal dengan ombak pantai yang dapat menarik wisatawan, rusa yang menjadi ikon di desa tersebut dan masih terpelihara, mampu menarik pengunjung yang datang di daerah paling selatan Indonesia ini. "Saya sarankan kepada pemerintah agar monumen yang dibangun itu dapat dipakai sebagai tempat wisata," ujar Suseno.

Wakil Bupati Rote Ndao, Marthen Luther Saek mengatakan, pemerintah menerima dan menyambut secara positif rencana TNI dalam pembuatan monumen tersebut, namun keputusan sepenuhnya harus melalui Bupati Rote Ndao sebagai orang nomor satu di Kabupaten Rote Ndao.

Meski demikian, wakil bupati berjanji akan memberitahukan hal tersebut kepada Bupati Rote Ndao. Sehingga, dengan demikian ketika ada keputusan Bupati Rote Ndao, maka rencana pembangunan monumen akan ditindaklanjuti dengan baik.

KUPANG - Panglima TNI Djoko Santosa akan membangun monumen Sonbai dan Eltari, di kawasan perbatasan pulau Rote Ndao, di Kupang Nusa Tenggara timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News