Panglima TNI Laksamana Yudo Margono Terima Brevet Kehormatan Setia Waspada dari Paspampres

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono Terima Brevet Kehormatan Setia Waspada dari Paspampres
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono (atas, tengah) didampingi Danpaspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay (atas, kiri) dan Wakil Komandan Paspampres Brigjen TNI (Mar) Oni Junianto menyanyikan yel-yel bersama prajurit seusai upacara pembaretan dan penyematan brevet kehormatan di Mako Paspampres, Jakarta, Senin (7/8). Upacara yang merupakan pertama kali dilakukan kepada Panglima TNI tersebut diharapkan dapat memperkuat jajaran Paspampres di bawah komando TNI. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.

jpnn.com - JAKARTA - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menerima Brevet Kehormatan Setia Waspada dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Pembaretan dan penyematan brevet kehormatan itu dilakukan oleh Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay dalam upacara di Markas Komando Paspampres, Jakarta, Senin (7/8).

Laksamana Yudo Margono menjadi Panglima TNI yang pertama pada masa Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang menerima Brevet Kehormatan Setia Waspada dari Paspampres.

“Ini merupakan kegiatan yang pertama kali kita laksanakan, dan tentunya menjadi kebanggaan dan kehormatan bagi saya diberi baret dan brevet ini. Tentunya menjadi tanggung jawab saya bahwa Paspampres adalah satuan atau balakpus (badan pelaksana pusat) di bawahnya Panglima TNI,” kata Laksamana Yudo saat jumpa pers selepas upacara di Jakarta, Senin.

Upacara pembaretan dan penyematan brevet kehormatan untuk Panglima TNI diawali dengan simulasi dan unjuk kemampuan dari para anggota Paspampres.

Beberapa simulasi yang diperlihatkan kepada Panglima TNI, di antaranya, menjinakkan bom, evakuasi Presiden dan Ibu Negara, pengamanan VVIP saat ada demonstrasi dan penyerangan.

Kemudian, ada juga seni bela diri yang ditampilkan para anggota Paspampres, mengingat mereka dikenal sebagai “tameng” atau “perisai hidup” untuk Presiden RI, Wakil Presiden RI, dan Ibu Negara.

Dalam rangkaian acara yang sama, sebanyak 60 anggota Paspampres juga menampilkan berbagai seni bela diri, antara lain, karate, judo, aikido, merpati putih, dan Pencak Silat WS Pamungkas yang merupakan bela diri tradisional Indonesia.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menerima Brevet Kehormatan Setia Waspada dari Paspampres.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News