Panglima TNI: Waspadai Demo Memecah Belah NKRI

Panglima TNI: Waspadai Demo Memecah Belah NKRI
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo memberikan pengarahan di hadapan 600 orang Mahasiswa dan 80 orang Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Indonesia pada acara Pra Temu BEM Nusantara ke-IX di Gelanggang Mahasiswa Universitas Trisakti, Jakarta Barat, Jumat (11/11). FOTO: Puspen TNI

jpnn.com - JAKARTA - Generasi muda hendaknya mewaspadai aksi demo yang mengarah memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Karena itu, Kebhinekaan harus dipelihara karenamenjadi satu kekuatan yang maha dahsyat.

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo di hadapan 600 orang Mahasiswa dan 80 orang Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Indonesia pada acara Pra Temu BEM Nusantara ke-IX  di Gelanggang Mahasiswa Universitas Trisakti, Jakarta Barat, Jumat (11/11).

Kegiatan tersebut mengambil tema “Mari Teladani Semangat Juang Pahlawan Kemerdekaan Menuju Indonesia Sebagai Bangsa Pemenang.”

“Mahasiswa kalau melaksanakan demo harus gunakan akal pikiran dan hati nurani serta harus cek benar secara jelas, apa yang didemokan harus mempunyai solusi agar bangsa lebih baik. Silakan demo, tapi jangan sampai demo dikendalikan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab,” ujar Panglima TNI.

Dalam Undang-Undang Nomor 9 tahun 1998 tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum menyebutkan,  setiap warga negara secara perorangan atau kelompok, bebas menyampaikan pendapat. Hal ini sebagai perwujudan hak dan tanggung jawab berdemokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Sebagai mahasiswa harus memahami bahwa sejak awal berdirinya bangsa ini, yang bergerak adalah mahasiswa dengan Sumpah Pemuda di seluruh Nusantara,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI mengutip kalimat yang disampaikan oleh Bung Karno. "Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri, maka cegah hasutan, cegah provokasi, dan cegah adu domba terhadap rakyat.”(fri/jpnn)


JAKARTA - Generasi muda hendaknya mewaspadai aksi demo yang mengarah memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Karena itu, Kebhinekaan harus


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News