Selasa, 18 Juni 2019 – 09:45 WIB

Pantau USBN SD, Mendikbud: Alhamdulillah Ada Soal HOTS

Senin, 22 April 2019 – 13:30 WIB
Pantau USBN SD, Mendikbud: Alhamdulillah Ada Soal HOTS - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meninjau pelaksanaan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) di sejumlah SD di Jakarta, Senin (22/4).

Saat meninjau di SD Muhammadiyah 5 Jakarta Selatan, Muhadjir mengaku gembira karena beberapa soal USBN bernalar tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS).

"Saya melakukan pengecekan standar evaluasi. Alhamdulillah di SD ini semuanya sangat terpenuhi dengan baik termasuk pengamanan soal, penyusunan soal dari tingkat bawah sampai atas," kata Menteri Muhadjir saat meninjau pelaksanaan USBN di SD Muhammadiyah 5 Jakarta Selatan, Senin (22/4).

Dia menambahkan, untuk pengawasan dari tingkat kota sampai sekolah juga sudah jalan dengan baik. Ini dilihat dari soalnya masih tersegel dan juga ada pertukaran pengawas sehingga yang mengawasi bukan sekolah sendiri untuk menjamin pelaksanaan ujian berjalan dengan baik

"Anak saya juga ujian di sini dan saya cek soal-soalnya. Saya senang sekali sudah mulai dikenalkan apa itu materi penalaran tinggi. Mudah-mudahan ini langkah panjang yang akan kami lakukan untuk membawa siswa ke era Indonesia maju," terangnya.

BACA JUGA: USBN dan UNBK Digelar Mulai Hari Ini, Ketum IGI: Guru Jangan Bantu Siswa

Muhadjir menegaskan, pendidikan urusannya pnjang. Tidak bisa dipanen dalam waktu singkat. Pendidikan bukan investasi singkat. Bukan quick building. Juga bukan quick count.

Jangan merasa terburu-buru merasa sudah panen. Apa yang ditanam hari ini nanti dipanen belasan tahun ke depan. (esy/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar