Kalimantan Jadi Ikon Indonesia Fashion Week 2019

Kalimantan Jadi Ikon Indonesia Fashion Week 2019
Pembukaan Indonesia Fashion Week 2019. Foto: Vox Populi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan  Kebudayaan (Kemendikbud) mendukung Indonesia Fashion Week 2019 yang dihelat di Jakarta Convention Center pada 27-31 Maret 2019.

“Hal itu sebagai tindak lanjut penetapan warisan budaya tak benda Indonesia yang merupakan salah satu program unggulan Direktorat Jenderal Kebudayaan sejak 2013,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Kamis (28/3).

Hingga saat ini sudah ditetapkan 37 kain tradisional dan delapan di antaranya dari Pulau Kalimantan.

Yaitu, songket Sambas, sasirangan, ulap doyo, pakaian kulit kayu, tenun ikat Dayak/Sintang, sarung tenun Samarinda, tenun corak insang, dan tenun Pagatan.

“Koleksi kain tradisional Kalimantan yang telah ditetapkan menjadi warisan  budaya tak benda Indonesia dapat dilihat pada booth Kemendikbud yang ada di ajang IFW kali ini,” ujar Muhadjir.

Muhadjir menjelaskan, Kemendikbud bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Utara berkomitmen untuk mengembangkan wastra nusantara.

Nah, Indonesia Fashion Week menjadi salah satu ajang dalam upaya pemanfaatan objek pemajuan kebudayaan melalui inovasi dan peningkatan adaptasi menuju perubahan.

Melalui kegiatan itu, desainer muda diharapkan dapat melihat budaya sebagai sumber inspirasi.

Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mendukung Indonesia Fashion Week 2019 yang dihelat di Jakarta Convention Center pada 27-31 Maret 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News