Papa Novanto Siap Dukung Pemerintah Hadapi Freeport

Papa Novanto Siap Dukung Pemerintah Hadapi Freeport
Setya Novanto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto menyatakan, pemerintah tak perlu gentar menghadapi ancaman PT Freeport Indonesia yang akan menggugat ke Arbitrase Internasional. Novanto menegaskan, DPR pasti mendukung keputusan pemerintah soal PTFI.

"Karena itu merupakan aturan dan undang-undang yang sudah ada. Tentu kita harus mendukung pemerintah," ujar Novanto di DPR, Selasa (21/2).

Politikus Partai Golkar yang pernah terseret kasus Papa Minta Saham itu menyakini pemerintah pasti juga siap meladeni PTFI di Arbitrase Internasional. "Tentu, pasti siap kita," tegasnya.

Sebelumnya pemerintah pada 10 Februari 2017 telah mengubah kontrak karya untuk PTFI menjadi izin usaha pertambangan khusus (IUPK). Anak perusahaan raksasa pertambangan Freeport-McMoRan itu juga diwajibkan mendivestasikan 51 persen sahamnya.

Namun, PTFI menolak keputusan pemerintah Indonesia karena tak mau hak-haknya yang tertuang dalam kontrak karya berubah. Karenanya PTFI mengancam akan menggugat ke Arbitrase Internasional.

Novanto pun menyebut pemerintah sudah melakukan langkah tepat soal PTFI. Menurutnya, PTFI justru harus bisa menjalin suatu komunikasi-komunikasi yang aktif dengan pemerintah.

"Sehingga apa keinginan pemerintah itu bisa diikuti dan tentu bisa dimusyawarahkan," katanya.(boy/jpnn) 


Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto menyatakan, pemerintah tak perlu gentar menghadapi ancaman PT Freeport Indonesia yang akan menggugat


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News