Para Dosen Bisa Cek Sendiri Penilaian Kredit Lewat Aplikasi Ini, Beban Administrasi Berkurang

Para Dosen Bisa Cek Sendiri Penilaian Kredit Lewat Aplikasi Ini, Beban Administrasi Berkurang
Plt Dirjen Diktiristek Nizam saat peluncuran tiga inovasi layanan terbaru untuk para dosen. Foto: tangkapan layar zoom

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan berbagai inovasi layanan untuk membantu para dosen.

Antara lain laman PAK (Penilaian Angka Kredit), Selancar (Sistem Pelacakan secara Mandiri) PAK Mobile, SISTER BKD (Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi Beban Kerja Dosen), dan API Portofolio SISTER.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Dikti) Nizam, peningkatan layanan ini untuk mendukung pelayanan secara akuntabilitas dan transparansi. Selain itu, bisa memberikan motivasi bagi dosen untuk fokus pada peningkatan kinerja tridarma. 

"Dengan sistem ini diharapkan indikator kinerja dosen bisa meningkat sehingga bisa mendukung meningkatnya Indikator Kinerja Perguruan Tinggi dan Indikator Kinerja Kementerian," terang Nizam dalam peluncuran aplikasi secara virtual, Kamis (19/8).

Adapun aplikasi Selancar PAK sebelumnya dapat diakses melalui website dan aplikasi WhatsApp. Kini untuk mempermudah penggunaannya, aplikasi Selancar PAK dapat diunduh di Google Play Store dan App Store. 

Nizam berharap, dosen bisa lebih mudah mengakses usulannya di mana saja dan kapan pun. Para pengguna juga dapat mengakses perkembangan Merdeka Belajar Kampus Merdeka melalui aplikasi tersebut. 

"Agar dosen mudah mendapatkan informasi mengenai peraturan dan informasi mengenai penilaian angka kredit kenaikan jabatan akademik atau pangkat dosen, diluncurkan pula laman PAK dengan desain baru, serta informasi yang lebih lengkap dan mutakhir," beber Nizam.

Layanan lain yang juga diluncurkan pada kesempatan kali ini adalah SISTER BKD.

Kemendikbudristek mengeluarkan tiga inovasi layanan terbaru yakni sejumlah aplikasi untuk dosen agar mengurangi beban administrasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News