Para Istri Menteri di OASE Bersama KLHK Selamatkan Mangrove

Para Istri Menteri di OASE Bersama KLHK Selamatkan Mangrove
Menteri LHK Siti Nurbaya saat penanaman mangrove bersama Oase Kabinet Kerja dan warga Manado. Foto : Humas KLHK

jpnn.com, MANADO - Luas hutan mangrove kritis berhasil diturunkan dari 1,82 juta hektare (ha) menjadi tinggal 1,19 juta ha pada tahun 2018 berkat upaya rehabilitasi yang dilakukan dengan dukungan berbagai pihak seperti Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyatakan banyak yang sudah dilakukan pemerintah soal pengelolaan mangrove dan hutan pantai.

Termasuk di antaranya adalah telah melakukan rehabilitasi mangrove seluas 31.673 ha melalui dana APBN.

"Rehabilitasi mangrove memanfaatkan APBN akan terus dilakukan seluas 2.000 ha setiap tahun," kata Menteri saat penanaman mangrove dalam rangka Gerakan Nasional Peduli Mangrove, Pemulihan Daerah Aliran Sungai dan Kampung Hijau Sejahtera di Kota Manado, Sulawesi Utara, Selasa (9/7). Gerakan penanaman tersebut diinisiasi oleh OASE Kabinet Kerja.

BACA JUGA : Megawati Minta Jokowi Tiru Taman di Tiongkok Ini

Menteri Siti menyampaikan terima kasihnya kepada Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan pengurus OASE Kabinet Kerja yang telah berinisiatif dan menyiapkan program penanaman mangrove dengan baik.

Menurut Menteri Siti, keterlibatan berbagai pihak seperti OASE Kabinet Kerja, pemerintah daerah, LSM, BUMN dan swasta, mendukung keberhasilan rehabilitasi mangrove.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo memang punya kepedulian besar terhadap kelestarian mangrove. Bahkan saat mendampingi Presiden Joko Widodo di pertemuan G20 di Jepang, Ibu Negara secara khusus menceritakan kegiatan pelestarian mangrove kepada istri-istri pemimpin negara anggota G20.

Menindaklanjuti langkah ibu negara ini, Menteri Siti  menegaskan upayanya dalam mengintensifkan penanganan mangrove sebagai salah satu ekosistem yang memiliki potensi cadangan karbon yang sangat besar, terutama di tanahnya.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang memimpin OASE Kabinet Kerja memang punya kepedulian besar terhadap kelestarian mangrove.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News