Para Mantan PSK Dilatih Bina PSK

Para Mantan PSK Dilatih Bina PSK
Para Mantan PSK Dilatih Bina PSK

jpnn.com - JAKARTA - Pekerja seks komersial (PSK) merupakan salah satu kelompok yang sangat rentan terhadap  penyalahgunaan narkoba. Guna meminimalisasinya, mantan-mantan PSK dilatih menjadi kader antinarkoba. Mereka nantinya akan bertugas untuk menyadarkan para PSK yang masih aktif.

Untuk itulah Badan Narkotika Nasional (BNN) menggandeng para mantan PSK yang menjadi binaan di Panti Sosial Bina Karya Wanita (PSBKW) Harapan Mulya, Kedoya, Jakarta Barat.

Endah Wahyuningsih, salah satu instruktur di PSBKW yang dikelola oleh Dinas Sosial DKI Jakarta  menyatakan, banyak di antara para PSK yang dibina telah bersentuhan dengan narkoba. Bahkan beberapa waktu yang lalu pernah juga ada yang mengalami gejala putus zat atau dikenal dengan istilah ”sakau”.

"Karenanya penting sekali mereka ini mendapatkan pemahaman tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, termasuk berbagai obat-obatan penenang yang faktanya sangat mudah didapatkan," ujarnya.

Menurut Endah juga, dengan pemahaman yang tegas dan cukup minimal para mantan PSK itu menghindarkan kemungkinan penyalahgunaan narkoba kelak.

Bisa juga pemahaman itu bisa disampaikan kepada rekan-rekan mereka yang masih bekerja sebagai PSK terutma yang masih menggunakannarkoba.

Hal senada juga disampaikan oleh dr.Iman Firmansyah, narasumber dari tim pencegahan BNN. Imam menyampaikan secara gamblang berbagai efek penyalahgunaan narkoba termasuk obat-obat penenang.

"Memang awalnya menawarkan kenikmatan ataupun rasa senang. Namun lambat laun akan menimbulkan berbagai kerusakan oragn tubuh maupun ketergantungan yang semakin lama akan semakin tinggi,"  ujarnya.

JAKARTA - Pekerja seks komersial (PSK) merupakan salah satu kelompok yang sangat rentan terhadap  penyalahgunaan narkoba. Guna meminimalisasinya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News