Parade Nusantara Deal dengan Pemerintah

Sepakati Dana Desa 10 Persen APBN

Parade Nusantara Deal dengan Pemerintah
Parade Nusantara Deal dengan Pemerintah
JAKARTA - Massa dari Persatuan Perangkat Desa Nusantara (Parade Nusantara) menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung Kementrian Dalam Negeri (Kemdagri), Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (11/11). Aksi ini dalam rangka penggalangan dana untuk korban bencana alam di tanah air.

Hanya saja, aksi juga meneriakkan tuntutan alokasi dana desa 10 persen dari APBN.  Delegasi Parade Nusantara yang dipimpin ketuanya, Sudir Santosa, diterima sejumlah pejabat dari Direktorat Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dan Direktorat Jenderal Pembangunan Masyarakat dan Desa Kemendagri. Usai pertemuan, Sudir mengaku puas dengan hasil pertemuan itu.

Dia menyatakan, pihaknya sudah tercapai kesepakatan dengan pihak pemerintah, terkait tuntutan percepatan pembahasan RUU tentang Desa. Dikatakan pula, pihak pemerintah menyetujui 10 persen APBN untuk desa, yang nilainya berkisar antara Rp1 miliar hingga Rp1,3 miliar. 

Terkait dengan penggalangan dana bencana, Sudir menjelaskan, ini juga terkait dengan tuntutan dana desa. Jika 10 persen dari Rp1 miliar itu disisihkn untuk dana siaga bencana, maka setiap desa punya Rp100 juta untuk dana siaga bencana. "Jika terjadi bencana, tak perlu tunggu dana dari pusat," terangnya.

JAKARTA - Massa dari Persatuan Perangkat Desa Nusantara (Parade Nusantara) menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung Kementrian Dalam Negeri (Kemdagri),

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News