Pariwisata Bisa Jadi Core Business Indonesia di Masa Depan

Pariwisata Bisa Jadi Core Business Indonesia di Masa Depan
Menteri Pariwisata Arief Yahya. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA – Futurolog Alvin Toffler yang ngeboom dengan buku Future Shock, The Third Wave, dan Powershift melihat masa depan seolah sedang berada di depan layar film saja. Jelas, detail, deskriptif, masuk nalar, dan sulit terbantahkan.

Maka, ketika pria kelahiran New York, Amerika Serikat (AS) itu ini meluncurkan karya-karyanya yang mengupas revolusi digital, revolusi komunikasi, dan singularitas teknologi, tidak banyak yang menentangnya. Bahkan tidak ada yang menganggapnya seperti sedang mimpi di siang bolong!

Menteri Pariwisata Arief Yahya yang sudah khatam membaca The Third Wave pun fasih menguraikan pengelompokan gelombang peradaban menurut buku terbitan 1980 itu. Arief menjelaskan, ada tiga gelombang peradaban manusia.

Gelombang pertama adalah era agrikultur antara 800 Sebelum Masehi (SM) sampai 1.500 M. Gelombang kedua adalah era manufaktur pada 1.500-1970 Masehi yang ditandai dengan masyarakat industri, lahirnya pabrik-pabrik, hingga imperialism dan kolonialisme.

“Gelombang III, era teknologi 9nformasi (1970-2000), yang saat ini sudah berada di sini,” kata Arief.

Bagaimana dengan saat ini, abad ke-21 dan ke depan? Arief  langsung menyebut era industri kreatif atau creative economy yang kini lebih dikenal dengan istilah ekonomi kreatif. Pariwisata pun masuk dalam industri kreatif.

“Alvin Toffler sebenarnya sudah memprediksi, di akhir gelombang III itu ada era industri rekreasi (hospitality, recreation, entertainment). Ke depan, industri pariwisata yang didukung oleh industri kreatif yang sudah memiliki commercial value akan menjadi primadona,” ungkap menteri asli Banyuwangi itu.

Kondisi itu seolah sejalan dengan keinginan Presiden Joko Widodo tentang pentingnya core economy atau core business yang pas buat negara. Presiden Jokowi pun seusai menjalani kunjungan kerja (kunker) dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Tiongkok dan ASEAN di Laos pekan lalu, langsung mengumpulkan para menteri untuk membahas hasil lawatannya.

JAKARTA – Futurolog Alvin Toffler yang ngeboom dengan buku Future Shock, The Third Wave, dan Powershift melihat masa depan seolah sedang berada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News