Pariwisata Penyelemat Krisis

Pariwisata Penyelemat Krisis
Pariwisata Penyelemat Krisis
JAKARTA—Pariwisata merupakan sektor andalan yang bisa membuat Indonesia bertahan dalam menghadapi krisis keuangan saat ini. Di samping memiliki keragaman budaya timur, Indonesia juga mempunyai banyak objek wisata yang bisa mendatangkan devisa.

“Krisis global yang sebenarnya bermula dari Amerika dan Uni Eropa, kemudian merembet ke Asia memang sangat memukul sektor industri Indonesia karena transaksinya menggunakan dolar. Namun, bukan berarti Indonesia harus terpuruk sekian lama, apalagi kita pernah mengalami krisis moneter juga di era 97,” kata Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Prof Bambang Sudaryanto saat dihubungi via telepon.

Untuk bertahan dari krisis, menurut Bambang, Indonesia bisa mengandalkan pariwisata. Karena itu marketnya perlu digarap lebih profesional lagi. Istilahnya biar produknya bagus tapi jika pemasarannya kurang optimal, barangnya tidak akan laku di pasaran.

“Indonesia punya ciri khasnya sendiri seperti Bali, Lombok, dll. Agar semakin menarik minat turis domestik maupun mancanegara ciri khas/etnis daerah itu harus ditonjolkan,” cetusnya sembari menambahkan masa depan Indonesia nanti ada di sektor pariwisata.

JAKARTA—Pariwisata merupakan sektor andalan yang bisa membuat Indonesia bertahan dalam menghadapi krisis keuangan saat ini. Di samping memiliki

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News