Parkir Liar dan PKL Kuasai Pasar Segiri Samarinda

Parkir Liar dan PKL Kuasai Pasar Segiri Samarinda
Parkir Liar dan PKL Kuasai Pasar Segiri Samarinda

jpnn.com - SAMARINDA - Aktivitas parkir liar dan pedagang kaki lima (PKL) yang memakan trotoar membuat kemacetan parah di sepanjang Jalan Pahlawan, tepatnya di depan Pasar Segiri, Samarinda.

Meskipun semrawut, namun pemandangan seperti itu telah berlangsung lama sehingga terkesan dibiarkan. Terlihat dari tidak adanya petugas yang berjaga mengurai kemacetan dan menertibkan para PKL.

Parahnya, Samarinda kini tengah berjuang di penilaian Adipura. Dari pantauan media ini selama dua hari, dua pemandangan berbeda terjadi di sekitaran Pasar Segiri.

Ketika pagi hingga siang, lalu lintas ramai lancar. Tidak ada PKL yang berjualan di trotoar. Sebaliknya, ketika sore hari, lalu lintas menjadi semrawut.

Parkir liar menguasai hampir separuh badan jalan. PKL dengan leluasa menggelar dagangan. Akibanya, kemacetan tak terelakkan.

Karena, menyempitnya ruas jalan. Badan jalan yang seharusnya mampu dilewati dua kendaraan roda empat dengan dua baris, terpaksa jadi satu lajur. Tumpukan kendaraan pun tak bisa dihindarkan.

Dikonfirmasi terkait hal itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Samarinda Abdullah, menuturkan, penertiban parkir di depan Pasar Segiri bukanlah semata tanggung jawab pihaknya.

Melainkan tugas bersama antara Dinas Pasar, Satpol PP, dan Kepolisian. Dishub, ujar dia, telah melakukan beberapa langkah, guna mengurai kemacetan.

SAMARINDA - Aktivitas parkir liar dan pedagang kaki lima (PKL) yang memakan trotoar membuat kemacetan parah di sepanjang Jalan Pahlawan, tepatnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News