Parlemen Modern Jadi Visi DPR Lima Tahun Mendatang

Parlemen Modern Jadi Visi DPR Lima Tahun Mendatang
Foto: humas dpr

jpnn.com, PALEMBANG - Terwujudnya DPR sebagai lembaga perwakilan yang modern, berwibawa, dan kredibel menjadi visi dalam rencana strategis (Renstra) DPR tahun 2015-2019.

Visi ini disusun berdasarkan hasil analisis terhadap kondisi umum yang meliputi pelaksanaan fungsi DPR Periode 2009-2014, dan profil DPR Periode 2014-2019, serta setelah melakukan identifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan.

“Visi itu akan dicapai melalui dua misi. Pertama, dengn menyelenggarakan fungsi DPR untuk mendukung pembangunan nasional dalam kerangka representasi rakyat,” jelas Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR Hasrul Azwar saat menyampaikan sambutan pada sosialisasi Renstra DPR tahun 2015-2019, di Griya Agung, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (13/4).

Misi kedua, tambah politisi F-PPP itu, dengan memperkuat kelembagaan DPR sebagai penyeimbang pemerintah (check and balances) dalam konteks pelaksanaan fungsi-fungsi DPR, yakni legislasi, anggaran, dan pengawasan.

Hasrul memaparkan, untuk menjaga semangat pelaksanaan Renstra DPR Tahun 2015-2019, DPR juga menginternalisasikan enam nilai dasar yaitu representasi, transparansi, aksesibilitas, akuntabilitas, efektivitas, dan permusyawaratan.

Secara rinci, masih kata Hasrul, DPR juga menetapkan sasaran strategis dan arah kebijakan sebagai penyelaras kerja bagi semua pemangku kepentingan di lingkungan kerja DPR RI dalam pencapaian sasaran.

“Sasaran strategis dan arah kebijakan ini menjadi tanggung jawab seluruh AKD dan unit kerja sistem pendukung DPR RI sesuai dengan perkembangan organisasi DPR terkini,” imbuhnya.

Selain itu, Renstra ini juga menetapkan target kinerja yang harus dicapai. Namun target kinerja tersebut tidak diukur berdasarkan hasil yang dicapai, akan tetapi lebih kepada proses yang dilakukan. Hal ini berdasarkan pertimbangan bahwa DPR merupakan lembaga negara yang memiliki karakteristik khusus yang berbeda dengan lembaga lain.

Terwujudnya DPR sebagai lembaga perwakilan yang modern, berwibawa, dan kredibel menjadi visi dalam rencana strategis (Renstra) DPR tahun 2015-2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News