Parpol Nasionalis Diyakini Masih Ungguli Parpol Islam

Parpol Nasionalis Diyakini Masih Ungguli Parpol Islam
Parpol Nasionalis Diyakini Masih Ungguli Parpol Islam
JAKARTA - Partai politik Islam pada Pemilu 2009 diyakini masih tetap berada di bawah bayang-bayang parpol nasionalis. Mereka diperkirakan akan tetap menempati posisi sebagai partai medioker (menengah).

"Semuanya akan turun, termasuk PKS yang sempat bersinar pada pemilu sebelumnya," ujar Burhanuddin Muhtadi, peneliti senior LSI (Lembaga Survei Indonesia), dalam diskusi Gerakan Islamisme dan Politik Identitas dalam Pemilu 2009 di Kantor LSI, Jakarta, kemarin (20/3). Penyebabnya, menurut dia, captive market partai Islam cenderung makin menurun dari pemilu ke pemilu. "Sejarah telah mencatatnya, suara partai Islam belum pernah menjadi kekuatan mayoritas di pentas politik nasional," ujar Burhanuddin.

Namun, lanjut dia, sebenarnya masih ada jalan parpol Islam untuk bisa masuk ke jajaran partai papan atas. "Mereka harus mampu membangun image parpol prorakyat," sarannya. Program ekonomi dan kesejahteraan rakyat harus menjadi prioritas utama. "Isu semacam itu kurang banyak ditangkap publik selama ini," tambahnya.

Burhanuddin mengungkapkan, dari hasil survei terakhir lembaganya, image parpol prorakyat dan memiliki program ekonomi yang jelas masih lebih banyak didominasi parpol nasionalis. "Citra yang melekat justru masih seputar moral dan agama," tandasnya.

JAKARTA - Partai politik Islam pada Pemilu 2009 diyakini masih tetap berada di bawah bayang-bayang parpol nasionalis. Mereka diperkirakan akan tetap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News